MENU
icon label
image label
blacklogo

Lho, Kia EV9 Mendapat Recall Karena Masalah Pada Atap Mobil

JUN 12, 2024@15:00 WIB | 155 Views

Mobil listrik terbesar Kia yaitu EV9 kembali mendapat recall atau penarikan unit kembali. Gak tanggung-tanggung ada sekitar 2.401 unit Kia EV9 yang terdampak recall karena masalah pada atap mobil yang satu ini.

Melansir Carscoops, Selasa (11/6/2024), disebutkan recall pada Kia EV9 ini berlaku pada unit yang dijual di Amerika Serikat. Disebutkan ini merupakan recall ketiga Kia EV9 di negara Paman Sam tersebut dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Pada recall masalah atap ini sendiri, sudah ada rekomendasi dari Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional AS atau NHTSA. Disebutkan area headliner atau atap mobil ini diduga punya konstruksi pembuatan yang tidak kuat.

Akibatnya, saat terjadi insiden kecelakaan, atap mobil Kia EV9 akan mudah hancur karena tidak cukup menyerap tekanan berlebih tersebut. Dan juga material di bagian atap mobil ini juga berpotensi terjatuh ke area kabin penumpang dan membuat resiko jatuhnya korban luka hingga korban jiwa menjadi lebih besar.

Untuk unit yang terdampak Kia EV9 yang terdampak recall ini sendiri merupakan produksi antara 25 September 2023 hingga 21 Maret 2024. Unit mobil yang terdampak ini semuanya merupakan rakitan utuh dari pabrik Kia di Gwangmyeong, Korea Selatan.

Masalah ini sendiri pertama kali ditemukan pada 24 Mei 2024 silam. Saat itu, Kia sedang melakukan tes internal pada mobil yang mengusung model tahun 2024. Hasilnya ditemukan bahwa area atap mobil ini mudah rusak saat terjadi benturan atau kecelakaan dalam skala yang besar.

Sejauh ini memang belum ada laporan mengenai apakah adanya korban luka hingga meninggal karena kasus ini. Namun Kia sendiri sudah melakukan langkah antisipasi dengan mengganti pelat penyerap benturan di area atap mobil EV9.

Belum diketahui apakah Kia EV9 yang beredar di negara lain juga mendapat recall serupa atau tidak. Terlebih, Kia EV9 yang dijual di Indonesia juga merupakan unit yang dirakit langsung di Korea Selatan. [edo/timBX]

Tags :

#
kia,
#
ev9,
#
recall,
#
atap mobil,
#
mobil listrik,
#
ev

X