MENU
icon label
image label
blacklogo

Laser Iridium Bikin NR Engine Lebih Greget dan Rendah Emisi

MAR 24, 2021@19:00 WIB | 473 Views

Persaingan upgrade performance mobil dengan combustion engine masih menjadi market menjanjikan. Di ceruk tersebut, part modifikasi cukup melimpah dengan berbagai merek. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh NGK Spark Plus untuk terus menurunkan produk busi paling mutakhir. NGK memperkenalkan busi khusus untuk mesin berkode NR yang cukup banyak jumlahnya di market domestik. Berbahan logal mulia menggabungkan platinum dan iridium. 

NGK Spark Plugs menyebutnya sebagai Laser Iridium - Genuine Performance Upgrade (GPU) sebagai terbosan baru untuk mobil sejuta umat, yang diimplan ke Toyota Avanza, Sienta, Yaris dan Rush.  Laser Iridium digolongkan sebagai busi kategori premium dengan tambahan berbagai fitur yang dapat meningkatkan sensasi berkendara, khususnya bagi pemilik mobil Toyota.

“Tim riset dan pengembangan NGK Spark Plugs di Jepang telah mendesain varian busi baru yaitu Laser Iridium dengan part number ILKAR6B11. Busi ini sangat istimewa, karena berdasar research diciptakan khusus untuk bersinergi dengan kendaraan Toyota bertipe NR-Engine seperti Avanza, Sienta, Yaris, Rush, dll. Atas permintaan pasar yang cukup besar untuk busi dengan performa tinggi bagi mobil mereka," ungkap Takashi Shimizu, GM Sales & Marketing NGK Busi 

Diko Oktaviano sebagai tim teknis NGK Busi di Indonesia turut menimpali, “Tim kami di Jepang memberikan perhatian secara khusus kepada busi premium untuk Toyota ini. Kami ingin menambahkan pilihan lineup produk yang lebih luas kepada end-users yang menginginkan busi yang berkualitas tinggi dan terbaik di kelasnya dengan masa pakai yang lebih lama berkat penggunaan kombinasi material Platinum dan Iridium di kedua elektrodanya.” 

NGK mengklaim busi dengan seri Laser Iridium menjadi kombinasi terbaik antara kinerja dan masa pakai. Keunggulan utamanya terletak pada elektroda pusat yang berbahan Iridium dengan diameter yang sangat tipis 0,6 mm.  Hal itu memastikan daya pengapian terbaik dengan masa pakai lebih lama. Sebagian besar busi Laser Iridium juga dilengkapi dengan tip elektroda ground berbahan logam mulia Platinum untuk mendukung masa pakai yang lebih panjang.

"Tingkat keawetan busi diimbangi dengan material elektroda ground dari platinum. Sementara center elektroda menggunakan logam iridium dibentuk tipis  menggunakan teknologi laser. Kali ini kami kembangkan khusus untuk NR-Engine yang jumlahnya melimpah di Indonesia," tambah Diko. 

Secara performa, elektroda pusat Iridium dibikin lebih tipis daripada busi pabrikan NR Engine Series. Tujuannya proses pembentukan api di dalam ruang bakar lebih cepat, sehingga performa kendaraan pun meningkat secara generik. "Selain itu, berkat hasil pembakaran yang optimal setelah menggunakan busi ini, emisi gas buang yang dihasilkan akan menjadi lebih rendah sehingga turut berkontribusi positif dalam menekan angka polusi”, imbuh pria yang pernah meraih The Best ASEAN Technical Contest 2017 ini.

Ditambahkan oleh Friendky Lay, Sr. Manager Sales & Marketing NGK Busi “Inovasi busi premium mobil Toyota dari NGK Busi tidak berhenti sampai di sini, karena tak lama lagi akan tersedia untuk mobil Toyota Kijang Innova Reborn yang ternyata telah ditunggu-tunggu oleh para pemilik mobil tersebut di Tanah Air”.[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
ngk laser iridium,
#
laser iridium ilkar6b11,
#
toyota avanza,
#
toyota sienta,
#
toyota rush