MENU
icon label
image label
blacklogo

Langkanya ECU Lemahkan Industri Mobil, Termasuk Honda dan Toyota

JAN 25, 2021@11:00 WIB | 282 Views

Tepat ketika banyak orang yang mengira segalanya tidak akan menjadi lebih buruk bagi industri mobil karena pandemic Covid-19, kekurangan chip komputer secara global memaksa produsen mobil untuk memangkas produksi dan mencurahkan staf, bahkan hal itu berlaku pada merek besar seperti Honda dan Toyota.

Menurut Financial Times, salah satu merek terbesar yang menjadi hit adalah Audi, yang mengakui bahwa karena kurangnya chip, maka akan mengurangi 10.000 mobil pada kuartal pertama 2021.

Akibatnya, produsen mobil Jerman itu terpaksa mem-PHK lebih dari 10.000 pekerja sementara pasokan semikonduktor mengejar ketertinggalan.

Berbicara kepada Financial Times, CEO Audi Markus Duesmann mengatakan kurangnya chip telah mempengaruhi pemasok sistem infotainment, sistem bantuan pengemudi, dan berbagai komponen listrik yang sangat penting. Dan tanpa bagian-bagian itu, produksi di beberapa pabrik terpaksa berhenti.

Alasan kekurangan chip adalah permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari produsen perangkat elektronik konsumen setelah pandemi Covid-19, menanggapi pembeli yang membeli konsol game, laptop, dan tablet dengan volume yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penjualan yang besar dalam tiga bulan pertama tahun 2020 juga disebut-sebut sebagai faktor karena produsen dan pemasok terjebak di belakang, dengan efek lanjutan dari pesanan yang terlambat dan waktu tunggu yang lama dalam produksi chip yang berarti produksi komponen menurun, bahkan tidak sinkron dengan manufaktur mobil.

Selain Audi, Honda mengatakan pihaknya juga telah dipaksa untuk menghentikan lini produksi Honda Civic minggu berikutnya di Inggris, dan ini ketiga kalinya dalam dua bulan kemacetan yang disebabkan oleh kurangnya chip telah menghantam manufaktur di pabrik Swindon.

Bahkan jalur produksi Toyota di Tiongkok merasakan dampaknya, sementara Audi dan Volkswagen terpaksa mengurangi jam kerja lebih dari 19.000 pekerja di Jerman untuk memperlambat produksi secara artifisial agar pasokan chip dapat menyusul.

Secara total, produksi Volkswagen Group akan berkurang 100.000 unit pada kuartal ini sebagai akibat dari kekurangan kronis, tetapi dampak penuh dari kekurangan pasokan belum dihitung.

Di Amerika Serikat, pabrik Ford di Louisville, Kentucky, menganggur minggu lalu, mencapai produksi SUV Ford Escape dan model Lincoln, sementara bekas pabrik Fiat Chrysler di Meksiko dan Kanada telah memulangkan pekerjanya sementara produksi dihentikan.

Alasan mengapa produsen mobil lebih menderita daripada sektor elektronik konsumen adalah karena mereka lebih rendah dalam rantai makanan dalam hal daya beli.

Secara total, seluruh industri mobil memproduksi sekitar 10 juta kendaraan setiap tahun sedangkan Apple, sementara itu, memasok 15 juta iPhone ke pasar AS saja pada tahun 2019. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ecu langka,
#
dampak ecu langka,
#
industri otomotif,
#
honda,
#
toyota