MENU
icon label
image label
blacklogo

Lamborghini Usung Mesin V8 Twin-Turbo Untuk LMDh 2024?

SEP 22, 2022@10:00 WIB | 178 Views

Lamborghini dikabarkan sedang mengembangkan V8 twin-turbo terbaru untuk prototype mobil balap LMDh menjelang debut di FIA World Endurance Championship (WEC) 2024 dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship.

Kabar ini mencuat setelah gambar teaser dari Lamborghini LMDh, yang sedang dibuat bekerja sama dengan pabrikan Prancis Ligier Automotive, dirilis pada baru-baru ini bersama dengan informasi pertama tentang komponen pembakaran internal dan sistem hybrid yang akan digunakan.

Berbeda dengan mesin V10 berbasis produksi yang menggerakkan Huracan GT3 dan Super Trofeo, mesin LMDh ini adalah kreasi pertama dari Lamborghini Squadra Corse, divisi motorsport milik Lamborghini yang didirikan tahun 2013.

Lamborghini menyatakan bahwa mesinnya adalah V8 90 derajat, namun tidak menyebutkan kapasitas sesungguhnya dari mesin ini, yang diperkirakan sekitar empat liter. Mesin ini dikatakan sudah memenuhi peraturan FIA mengenai berat mesin, yaitu dengan bobot 180 kg.

Mesin V8 dan sistem hybrid yang dikembangkan bersama Bosch, Williams, dan Xtrac diklaim punya output gabungan sebesar 670 bhp, berada di tengah kisaran output 480 hingga 520 kW yang ditentukan dalam peraturan LMDh dan Le Mans Hypercar.

Prototype LMDh Lamborghini akan mengikuti kelas maksimum untuk lebar, panjang, dan tinggi, masing-masing 2000 mm, 5100 mm, dan 3148 mm. Prototype ini punya bobot keseluruhan 1030 kg, bobot minimum yang disetujui oleh LMDh. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
lamborghini,
#
lmdh,
#
v8 twin-turbo,
#
world endurance championship,
#
wec,
#
fia,
#
imsa,
#
motorsport