MENU
icon label
image label
blacklogo

Lamborghini Resmi Kembangkan Mobil Listrik Pertama

MAY 25, 2021@10:00 WIB | 523 Views

Pergerakan industri transportasi menuju mobil listrik semakin jelas, dengan maraknya produsen berusaha mengejar Tesla, sang pionir. Arah yang sama pun menjadi tujuan mobil cepat, Lamborghini, yang kini resmi mengumumkan keseriusannya.

Bos Lamborghini dikabarkan telah menyetujui program ekspansi untuk model baterai-listrik pertama dari perusahaan. Menurut bos Stephen Winkelmann, model akan mengambil bentuk Grand Tourer dua pintu, empat penumpang, dan akan muncul di paruh kedua dekade ini.

Mesin baru ini akan menjadi puncak dari peta jalan Direzione Cor Tauri yang baru diumumkan perusahaan. Nantinya akan mencakup elektrifikasi tiga lini produk yang ada dengan powerrains hybrid plug-in di akhir 2024. Bos Lamborghini mengatakan pengerjaan awal telah dimulai, namun belum ada keputusan tentangg bentuk akhir yang akan dibuat.

“Ini menjadi setidaknya 2+2 atau empat tempat duduk,” kata Winkelmann. “Kami membayangkan mobil dua pintu pada umumnya saat ini, tetapi kami belum mengambil keputusan akhir tentang gaya body atau output tenaganya.”

Keputusan melahirkan model listrik ini diambil Lamborghini dengan pertimbangan panjang. Produsen menunjukkan keseriusannya dengan menambah investasi hingga 1,3 miliar poundsterling dalam kurun waktu 4 tahun ke depan.

Produsen juga mengkonfirmasi akan melahirkan teknologi PHEV dan memastikan akan tetap menjaga DNA Lamborghini yang menawarkan ketangguhan, namun dengan level berbeda. Mobil listrik terbaru dari Lamborghini akan menjadi model Grand Touring Coupe 4 penumpang yang sudah diperkenalkan sejak 4 tahun lalu.

“Spesifikasi mobil listrik Lamborghini akan diputuskan tahun depan, dengan beberapa pilihan desain dengan pertimbangan yang cocok dengan platform yang telah dipersiapkan Grup Volkswagen,” kata Winkelmann.

Tourer besar empat kursi juga akan duduk di segmen pasar baru untuk Lamborghini, sehingga akan membantu perusahaan Italia tersebut meningkat volume penjualan. Meski demikian, Winkelmann mengatakan masih terlalu dini membicarakan target penjualan model baru.

“Jika kita berbicara tentang dua pintu empat tempat duduk, itu akan menjadi sesuatu di antara model kita saat ini. Ini tidak akan menjadi volume mobil super-sport, tapi tidak akan menjadi volume [yang lebih tinggi] dari SUV Urus,” kata Winkelmann.

Sejalan dengan berita yang sebelumnya terdengar, Lamborghini akan menggunakan platform PPE khusus EV yang berfokus pada kinerja yang dikembangkan Porsche dan Audi. Dalam hal powertrains juga sama, di mana Lamborghini EV kemungkinan akan menggunakan motor bersama dengan Porsche dan Audi. Namun tak tertutup kemungkinan ini akan membuka jalan kemitraan dengan spesialis teknologi EV dan pabrikan hypercar Rimac.

Kita masih harus menunggu perkembangan selanjutnya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
lamborghini,
#
mobil listrik,
#
mobil listrik lamborghini,
#
stephen winkelmann