MENU
icon label
image label
blacklogo

Lamborghini Essenza SCV12, Mobil Pertama yang Adopsi Carbon Fiber Roll Cage

JUN 08, 2021@15:30 WIB | 262 Views

Lamborghini telah mengumumkan bahwa setelah kemitraan dengan FIA, mobil Essenza SCV12 yang sangat terbatas akan menjadi mobil pertama di pasar dengan roll cage serat karbon yang dihomologasi (disahkan) sesuai dengan standar keselamatan FIA Hypercar.

“Essenza SCV12 lahir sebagai 'laboratorium ide“, hal ini memungkinkan kami untuk menggunakan solusi teknis yang biasanya ditemukan pada prototipe balap, seperti suspensi yang dipasang langsung pada girboks bantalan beban, yang merupakan solusi inovatif untuk mobil GT," kata Giorgio Sanna, Lamborghini’s Head of Motorsports.

Selain itu, ia memiliki sasis monocoque serat karbon baru tanpa roll cage baja, yang dihasilkan dari kolaborasi teknis dengan FIA, berkat itu telah dimulai proses yang akan mengarah pada peningkatan keselamatan secara eksponensial bagi pembalap GT di masa depan.

Untuk dihomologasi, mobil harus memenuhi uji statis dan dinamis FIA. Monocoque serat karbon harus menahan kekuatan 12 ton tanpa menimbulkan deformasi yang signifikan dan bertahan dari uji tabrakan pada kecepatan 14 meter/detik (31,3 mph/50km/jam)). Menggunakan carbon fiber roll cage alih-alih steel cage yang lebih tradisional menawarkan keuntungan yang signifikan baik dalam bobot maupun ruang bagi pengemudi. Bahkan, Essenza SCV12 hampir tampak tidak memiliki roll cage sama sekali.

“Essenza SCV12 bukan hanya mobil cepat yang dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga dilengkapi dengan kabin yang sangat nyaman dan luas, Ini adalah fitur unik yang diapresiasikan oleh semua pengemudi pria,” ungkap pengemudi pabrik Lamborghini, Marco Mapelli.

Essenza SCV12 pertama kali diperkenalkan musim panas lalu dan fitur yang paling kuat mesin naturally aspirated yang pernah diproduksi oleh Lamborghini. V12 memiliki tenaga 818 hp dan tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi enam kecepatan sekuensial X-trac. Supercar track-only ini dibatasi hanya 40 unit dan ditunggangi velg magnesium ringan yang dibungkus dengan ban Pirelli . Kaliper rem Brembo menghentikan semuanya dan downforce hingga 1.200 kg (2.645 lbs) pada 250 km/jam (155 mph) membuat Essenza SCV12 tetap terpaku di aspal.

Pemilik dapat menyimpan mobil mereka di hanggar baru yang dibangun oleh Lamborghini di dekat markas Sant'Agata Bolognese dan akan diundang ke beberapa acara kedatangan dan mengemudi di berbagai sirkuit homologasi FIA Grade 1. [ibd/timBX]

Tags :

#
lamborghini essenza scv12,
#
lamborghini,
#
essenza scv12,
#
standar keselamatan fia hypercar,
#
hypercar,
#
carbon fiber roll cage