MENU
icon label
image label
blacklogo

Lamborghini Countach LP500 Rayakan Ulang Tahun ke-50

MAR 15, 2021@16:00 WIB | 345 Views

Lamborghini Countach kini berusia 50 tahun, legenda ini lahir di Geneva Motor Show 1971 ketika supercar bertenaga V12 berpintu gunting melakukan debutnya, khususnya pada 11 Maret. Jika ada pertunjukan langsung di Jenewa tahun ini, Lamborghini mungkin akan mengadakan perayaan besar. Seperti banyak hal lain dalam normal baru yang dipaksakan oleh virus corona ini, perusahaan supercar Italia memperingati ikon ini hanya secara online.

Nenek moyang Lamborghini Aventador S saat ini, konsep Countach LP 500 adalah sensasi instan. Contoh kuning muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya pada pukul sepuluh pagi pada hari pertunjukan. Lamborghini segera memiliki masalah yang sangat bagus, menyiapkan mobil konsep untuk diproduksi untuk memenuhi banyak permintaan yang mengalir dari pelanggan kaya. Memulai debutnya dengan konsep baru yang menakjubkan adalah Miura SV, yang menandai akhir dari proses produksi lima tahun yang sukses. Satu ikon meninggalkan tempat kejadian dan ikon lainnya lahir. Hanya dalam waktu beberapa bulan, Countach baru telah ditampilkan di hampir setiap majalah otomotif besar.

Tidak seperti mesin V12 Miura yang dipasang melintang, Countach memiliki tata letak yang dipasang secara longitudinal. Transmisi manual lima kecepatannya dipasang di tengah-tengah antara kursi pengemudi dan penumpang, bukan di belakang, menghasilkan distribusi bobot yang lebih baik. Hanya mesin V12 yang dipertimbangkan karena pendiri Ferruccio Lamborghini bersikeras mempertahankan keunggulan dan reputasi perusahaan untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi, teknik, dan gaya. Bahkan setengah abad kemudian, desain Countach cantik, berkat satu-satunya Marcello Gandini.

Dia juga bertanggung jawab atas scissor-doored Countach, fitur yang hanya diberikan untuk model bertenaga V12 milik perusahaan. Prototipe LP500 berbeda dari produksi Countach tahun 1974 dalam beberapa hal, termasuk kerangka platformnya alih-alih penyiapan tubular versi road-going. Intake udara mesin memiliki desain grille ikan hiu dan interiornya memiliki instrumentasi elektronik yang canggih. Prototipe ini juga memiliki V12 4,9 liter yang unik digunakan untuk produksi.

Nama 'Countach' diduga berasal dari seorang petani yang meneriakkan "Countach" (artinya heran atau menakjubkan dalam dialek lokal) saat melihat prototipe ketika disembunyikan di gudang pertanian untuk mesin pertanian dekat provinsi Turin Grugliasco sebelum pengungkapannya. Sisanya, seperti kata mereka, adalah sejarah. Sebanyak 1.999 Countachs telah diproduksi dari tahun 1974 hingga 1990. [ibd/timBX]

Tags :

#
lamborghini countach lp500,
#
50 tahun lamborghini countach lp500,
#
lamborghini,
#
geneva motor show