MENU
icon label
image label
blacklogo

Kualifikasi GP Styria : Jorge Martin Pimpin 4 Pembalap Ducati di Starting Grid 1 dan 2

AUG 07, 2021@18:00 WIB | 314 Views

Ulasan kami terhadap siapa yang paling berpeluang di putaran pertama MotoGP Styria yang berlangsung 8 Agustus 2021 esok.  Kami masih mengakui kekuatan Ducati di sirkuit Red Bull Ring ini, namun hati-hati dengan Yamaha yang sanggup mencuri starting grid di barisan pertama. Dibelakang duo ducati Jorge Martin dari Pramac Ducati dan Francesco Bagnaia dari Ducati Pabrikan, El Diablo-Quartararo mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 23.075 detik. 


Di grid kedua ada Jack Miller dari pabrikan Ducati, dengan catatan terbaik 1 menit 23.300 detik. Sementara si Mallorcan Joan Mir sang pentahana  mampu merangsek di grid kedua dengan catatan waktu 1 menit 23.332 detik, dan dalam bayang-bayang Johan Zarco diposisi ketiga. Hasil kualifikasi ini menjadi catatan penting Ducati, Yamaha dan Suzuki memperebutkan point di seri pembuka semester kedua MotoGP 2021 ini. Rupanya, KTM dan Honda bakal merelakan persaingan 6 pembalap papan atas tersebut.

Aksi Jorge Martín dalam menggapai pole position di Grand Prix MotoGP Styria, diraihnya dengan mudah.  Pembalap asli Madrid itu memecahkan rekor dengan rekornya sendri selama 9 lap, lap ke-7 menjadi catatan terbaiknya.  Kinerja tersebut menjadi awal yang lebih baik bagi Jorge Martín. Pembalap Pramac Racing akan start besok dari pole, setelah terbang di atas Red Bull Ring dan memecahkan rekor.


Pecco Bagnaia dan Fabio Quartararo mencoba mematahkan catatan waktu rider Madrid tersebut,  namun, mereka masing-masing akan start dari posisi kedua dan ketiga di grid. Marc Márquez, yang mengalami kecelakaan di akhir sesi, akan start dari posisi kedelapan. Tapi semua mata tertuju pada Dani Pedrosa: pebalap KTM itu gagal mengatasi cut di Q1 dan akan start dari peringkat 14 besok.


Setelah finis keenam di FP4, Dani Pedrosa menjadi salah satu favorit untuk melaju ke Q2. Namun, Alex Rins dan Pol Espargaró juga berjuang untuk mengatasi pukulan tersebut. Bahkan, pebalap Suzuki itu yang pertama mencatatkan lap tercepat.


Alex Márquez juga memasuki sesi kualifikasi dengan kecepatan yang baik, melawan Rins untuk waktu tercepat selama beberapa saat pertama. Enea Bastianini juga ikut dalam laga ini, praktis menghilang hingga sesi ini. Meskipun yang mengejutkan adalah Miguel Oliveira, yang kemarin mengalami jatuh parah yang membawanya ke klinik. Pelatih asal Portugal itu mencatat waktu terbaik dengan 8 menit tersisa di sesi tersebut, meskipun tidak unggul dalam sesi latihan bebas mana pun.


Setelah paruh pertama sesi, para pebalap MotoGP menghadapi pertarungan nyata untuk Q2. Miguel Oliveira telah menegaskan kembali ritmenya yang luar biasa, meningkatkan rekornya, sementara Alex Rins, Enea Bastianini dan Alex Márquez memperjelas niat mereka untuk mengatasi pukulan tersebut. Beberapa menit terakhir harus menahan derasnya detak jantungnya, lantaran pembatalan lap Bastianini dan Binder karena melampaui batas lintasan, akhirnya Álex Márquez dan Miguel Oliveira yang berhasil melewati cut untuk memperebutkan pole position.

Setelah Q1, para pembalap MotoGP tercepat telah terjun ke pertarungan nyata untuk posisi pole. Mereka semua tampil sangat cepat di trek, kecuali Miguel Oliveira. Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia dan Jack Miller adalah pembalap pertama yang mencapai posisi pertama di grid awal. Di antara mereka, Quartararo dan Miller yang memiliki kecepatan terbaik di menit sesi pertama.

Catatan paling signifikan diraih oleh Joan Mir, karena selama kualifikasi, GSXRR1000 tunggangannya tidak menghantarkan cukup baik di semester pertama 2021. Namun berkat perangkat hole shot yang sudah dikembangkan di Hamamatsu, Joan memberikan bukti starting grid terbaiknya.[Ahs/timBX]

Tags :

#
hasil kualifikasi gp styria 2021,
#
jorge martin,
#
francesco bagnaia,
#
joan mir,
#
johan zarco,
#
quartararo