MENU
icon label
image label
blacklogo

Konsep Pickup Midsize Atlas Tanoak Bertenaga 276 Hp Diperkenalkan di NYAS

APR 05, 2018@20:00 WIB | 107 Views

Volkwagen yang setahun sebelumnya memperkenalkan sosok Amarok V6, kini mulai memperkenalkan sosok pickup baru untuk melengkapi ruang utility vehicle mereka. Meski masih dalam bentuk konsep, Atlass Cross Sport diperkenalkan sebagai varian pickup baru di New York Auto Show.

Sedang Atlas SUV yang diperkenalkan versi produksinya tahun lalu, diperbarui dengan dual cab, five seat, dirancang untuk kemampuan off-road adventuring dan menggunakan nama baru konsep Atlas Tanoak.  Market Amerika Serikat masih mengidolakan sosok full size pickep sebagai rajanya.  Oleh karena itulah, Ford bakal kembali memperkenalkan Ranger pada tahun ini.

Konsep Altas Tanoak menggunakan platform MQB, untuk bersaing di market pickup Amerika Serikat. Dari powertrain didukung mesin V6, berkapasitas 3,6 liter, menghasilkan tenaga 276 hp dan torsi 361 Nm. Altas Tanoak ini mampu menyelesaikan sprint 0-96 kpj, dengan durasi 8,5 detik.  Sebagai konsep yang diperbaharui, Altas Tanoak dengan desain fleksibel dan skala yang lebih besar dari varian standar Altas. Platform MQB pada Tanoak dibangun dengan dimensi bodi lebih panjang 40 cm dari standar Altas.

Termasuk juga ground clearance 9,8 inci lebih tinggi, didukung dengan cargo bed berukuran panjang 64,1 inci (163 cm) dan lebar 57,1 inci (145 cm) dan tinggi 20,9 inci (53 cm).  Tempat tidur ini membentang ketika tailgate dibuka dan membentang 66 cm.

Soal design, Volkswagen telah memberikan sentuhan modern, digital, kekuatan dan desain tradisional.  Lampu depan yang telah menggunakan LED, sementara lampu belakang menutupi tailgate, yang mengingatkan kita pada konsep truck X-Class milik Mercedes.  Meski terlihat lebih tebal, namun telah dilengkapi dengan set of quad rounds.

Memang terlihat agak aneh, bila sebuah pickup memiliki LED yang lebih terang, dan itu berdampingan dengan konsep Altas di New York.  Karena pengunjung pameran mungkin lebih cenderung tertarik  menggunakan urbanite crossover, dari model pickup midsize. Namun, untuk mengalihkan perhatian pengunjung, Altas Cross Sport akan lebih dekat versi produksinya, dengan desain yang lebih konservatif.

Volkswagen juga telah memodernisasi interiornya, dengan instrument digital, layar central infotainment yang touchscreen, dan electronic climate controls bergabung untuk menciptakan nuansa digital cockpit.  Sedangkan ambient warna kuning atau biru menyala bergantung pada pengemudi sedang mengaktifkan mode off road atau city.

“Saat ini yang kami perlukan adalah mengukur reaksi pembeli dan media massa, karena pickup truk menjadi salah satu segmen terbesar di Amerika Serikat. Dan kami sendiri belum menentukan kapan rencana produksi dari Atlas Tanoak,” tutur perwakilan VW di New York Auto Show yang berlangsung hingga 8 April 2018.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
midzise pickup,
#
volkswagen,
#
atlas,
#
atlas tanoak