MENU
icon label
image label
blacklogo

Komponen Powertrain BMW i3 Ternyata Dipakai untuk Kendaraan Ini

NOV 09, 2018@15:30 WIB | 4,653 Views

BMW ternyata tidak hanya bermain sebagai produsen kendaraan, namun juga sebagai pemasuk powertrain. Masih segar di ingatan kita, BMW memiliki kendaraan listrik mini, yaitu BMW i3. Powertrain yang digunakan dalam kendaraan tersebut ternyata tidak hanya digunakan dalam i3, namun juga kendaraan jenis lain.

Produsen mobil Jerman tersebut kini telah mengkonfirmasi kesepakatan dengan produsen Turki, Karsan, untuk meluncurkan bus listrik baru yang didukung oleh powertrain listrik BMW i3. Kendaraan tersebut disebut “Jest electric.”

“Untuk pertama kalinya, motor listrik dan baterai tegangan tinggi yang dikembangkan untuk BMW i3 akan digunakan untuk menyalakan bus kota yang dibuat oleh produsen Turki terkenal, Karsan yang dirancang khusus untuk digunakan dalam lalu lintas dalam kota,”ujar juru bicara BMW.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka dapat melengkapi kendaraan tersebut hingga dua paket baterai BMW i3 44 kWh. Dari baterai tersebut, kendaraan tersebut dapat melaju hingga 210 km.

“Ketika digunakan, bus kota dapat berjalan selama 18 jam non-stop. Ukuran kompak dari motor listrik dan baterai tegangan tinggi juga menguntungkan dalam hal ruang interior. Berukuran sekitar enam meter panjangnya, Karsan Jest electric memberikan ruang hingga 26 penumpang, lebih besar dari model sebelumnya. Jest Electric dilengkapi dengan teknologi low floor yang memberikan akses kursi roda,” lanjutnya.

(Bis Kota yang dirakit oleh Karsan, asal Turki yang menggunakan powertrain BMW i3)

 

Karsan mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengkomersialkan kendaraan ini baik di dalam negeri maupun di pasar internasional. Perjanjian pasokan ini mengikuti kesepakatan serupa yang dibuat BMW dengan perusahaan untuk memasok powertrain listrik, termasuk satu dengan DHL untuk streetscooter.

“Klien industri kami menghargai kemudahan penanganan teknologi plug and play yang ditawarkan oleh komponen BMW i, serta ketahanan dan keandalan mereka, seperti yang ditunjukkan di lebih dari 100.000 BMW yang saya jual di seluruh dunia,” ujar Uwe Breitweg, Kepala BMW Group Drive Systems untuk Klien Industri.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
bmw,
#
bmw ag,
#
i3,
#
karsan,
#
jest electric,
#
powertrain,
#
turki