MENU
icon label
image label
blacklogo

Kompetisi Trail Elektrik Menjadi Game Changer yang Lebih Zero Polutan

JAN 26, 2021@15:36 WIB | 543 Views

Sejak peluncuran  motor listrik Kalk  2018, even regular seperti Swedia Cake telah menjelma dari hobi offroad ke jalur perkotaan. Akhir tahun ini Kalk kembali ke grassroot, menggunakan motor listriknya untuk menjadi tuan rumah balap motorcross pertamanya. 

Cake Kalk One Design Global Championship  pertama menjadi undangan pertama untuk pehobi offroad. Diramaikan dengan 16 juara dari kelas Enduro, motocross, supercross dan penghobi downhill bakal meramaikan trek yang dibangun khusus di pulau Gotland, Swedia. 

"Lomba balap Cake Kalk One Design menggunakan format 4 pembalap," tutur JP Baralo, Koordinator Balap. "Dengan 4 pembalap saling beradu di kualifikasi. Konsepnya lebih ke eleminasi ganda siapa yang menang dan siapa yang kalah, dan akhirnya diumumkan siapa pemenangnya."

Model motor yang digunakan balap Kalk Or dan Kalk Ink. Material motornya menggunakan aluminium 6061 dengan bodi plastik sebagai pemanis. Tenaga motor 11kW menghasilkan torsi 280Nm dan kecepatan tertinggi 90 kpj. Dengan kapasitas baterai 50-Ah/ 2,6kWh setiap motor trail dan enduro bisa mengisi ulang sekitar 3 jam. Kombinasi roda 19 inci depan dan 18 inci belakang menggunakan ban pacul menjadi identitas nyata.

Kalk Or menggunakan suspensi depan up side down Ohlins, long travel 204mm, dan suspensi belakang Ohlins TTX22. Sementara model Kalk Ink menggunakan MX spring fork long travel 200mm, dan shock biasa dibagian belakang.

Lintasan Gotland Ring sebenarnya dibangun untuk pembalap enduro Swedia Robert Kvarnstorm, yang mempromosikan "Maximum thrill per meter", juga hadir meramaikan kompetisi. Setiap rider bakal saling berhadapan satu sama lain dengan format round robin. Kemudian diberlakukan sistem gugur dan final.

Jika balap Kalk One Design Pertama berlangsung di St Tropez Prancis di bulan September lalu.  Karena kondisi pandemi, kompetisi bakal berlangsung sekali. Sementara tahun 2022 lebih banyak direncanakan untuk kota besar di seluruh dunia.

"Ambisi membawa kembali balap sepeda motor kepada massa, melawan penurunan event balap motor roda dua ICE tradisional," kata CEO Cake Stefan Ytterborn. 

"Ada kemungkinan nyata membawa kompetisi pertama yang ramah penonton. The One Design menjadi luar biasa karena balapan profesional bisa dilangsungkan di perkotaan tanpa polusi suara, gangguan minimal, dan zero polution," tambah Ytterborn.  

Sementara kebutuhan ruang kompetisi yang makin terbatas dan kemudahan menarik penonton dan media, dan ini mementum sebagai game changer. Faktanya 70 persen trek di seluruh dunia harus tutup dalam 15 tahun terakhir karena polusi dan gangguan di sekitar masyarakat.[Ahs/timBX]

Tags :

#
kalk ink,
#
kalk or,
#
cake kalk one design global championship,
#
balap trail elektrik

RELATED ARTICLE