MENU
icon label
image label
blacklogo

Komparasi: Hyundai Santa Fe 2021 Facelift VS Honda CR-V 2021 Facelift, Pertarungan Medium SUV Jepang VS Korea Selatan

FEB 24, 2022@07:00 WIB | 426 Views

Berada dalam segmen Medium SUV, Hyundai Santa Fe dan Honda CR-V punya kelebihan dan kekurangan masing-masingnya. Menentukan mana yang terbaik dari kedua mobil ini adalah perdebatan yang tak ada habisnya karena keduanya punya fitur unggulan yang menjadi andalan. Oleh karena itu, agar tak kebingungan dalam memilih mobil Medium SUV yang akan dibeli, ada baiknya disimak dulu komparasi antara Hyundai Santa Fe 2021 Facelift VS Honda CR-V 2021 Facelift berikut ini:

1. Eksterior

Untuk urusan desain eksterior, terlihat Hyundai Santa FE 2021 punya perubahan yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, terutama di bagian depan. Bagian fascia dari Hyundai Santa Fe 2021 hadir dengan grille yang terlihat besar dan menyatu dengan lampu depan. Di bagian belakang, bumper terbaru juga terlihat lebih mewah dan juga sporty.

Di sisi lain, kompetitor asal Jepang, Honda CR-V terlihat lebih kekar dan maskulin berkat update terbarunya yang dihadirkan oleh Honda. Bagian fascia juga terlihat berubah dibandingkan generasi sebelumnya dengan grille depan baru berwarna hitam dan bumper depan terbaru dengan list krom di sepanjang bumper tersebut. Di bagian burtitan, CR-V juga mendapatkan update yaitu dengan bumper terbaru, Tail Light dengan warna smoked, dan dual chrome exhaust.

2. Interior

Bergeser ke bagian dalam, Hyundai Santa Fe dibekali denngan panel instrumen digital berukuran 12,3 inci dan head unit berukuran 8 inci dengan model floating yang sudah touchscreen. Selain itu, Santa Fe Facelift juga punya fitur wireless charging untuk mengisi daya smartphone. Untuk memberikan kesan premium, jok Santa Fe terbuat dari bahan Nappa leather dan fitur pemanas pada jok tersebut. Panoramic sunroof dan ambient mood lighting juga sudah disematkan ke Santa Fe.

Honda CR-V juga tidak mendapatkan perubahan yang berarti di bagian interior, dengan aksen kayu dan perak masih terdapat di dalam panel-panel di sisi interior yang didominasi dengan warna hitam. Jok CR-V sendiri juga sudah dilapisi dengan bahan kulit berwarna hitam seperti generasi sebelumnya. Di bagian dashboard, CR-V juga sudah dibekali panel instrument digital dengan layar LCD TFT 5 inci dan head unit terbaru berukuran 7 inci dengan berbagai fungsi, yaitu Radio AM/FM, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI Port, Smartphone Connectivity, AUX input, dan USB Port.

3. Fitur Keselamatan

Mengenai fitur keselamatan, Santa Fe 2021 telah dibekali dengan fitur-fitur keselamatan terkini seperti Forward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic collision Avoidance Assist, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Blind Spot View Monitor, Blind Spot Collision Avoidance Assist. Selain itu, Surround View Monitor 360, Tire Pressure Monitoring System, Parking Distance Warning, Safe Exit Assist, dan Rear Occupant Alert. Untuk fitur keselamatan pasif, Santa Fe juga sudah dibekali dengan airbags 6 titik, ABS, dan stability control.

Sedangkan Honda CR-V punya fitur keselamatan yang cukup lengkap  seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Lane Keep Assist System (LKAS), Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW), dan Road Departure Mitigion (RDM). Fitur keselamatan pasif antara lain airbags 6 titik, ABS, EBD+BA, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist, dan Auto Brake Hold.

4. Performa

Urusan jantung mekanis, Hyundai ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin diesel 2.2 liter dan mesin bensin 2.5 liter yang sesuai dengan platform baru yang digunakan oleh Santa Fe. Mesin diesel Smartstream D dengan kubikasi 2.200 cc ini dapat memuntahkan daya sebesar 202 PS dan torsi maksimum 440 Nm, dipadankan dengan transmisi otomatis 8-speed DCT. Untuk mesin bensin, output maksimum yang dapat dihasilkan sebesar 180 PS dan momen puntir 232 Nm. mesin berkode Theta III ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Senada dengan Santa Fe, CR-V juga ditawarkan dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin VTEC Turbo DOHC 1.5L Turbocharged 4 silinder inline, 16 katup dan DBW Direct Injection. Mesin berkapasitas 1.498 cc ini dapat menghasilkan output sebesar 190 PS dan torsi 240 Nm dan transmisi CVT. Opsi mesin lainnya punya kapasitas 1.997 cc 4 silinder segaris, 16 katup dan DBW PGM-FI. Mesin ini punya tenaga maksimum 155 PS dan torsi maksimum 189 Nm, dipadankan dengan transmisi CVT.

5. Harga

Harga kedua medium SUV ini bisa dikatakan cukup kompetitif. Hyundai Santa Fe dibanderol dari rentang harga Rp569 juta sampai Rp729 juta tergantung varian yang dipilih. Honda CR-V dibanderol mulai dari harga Rp510 juta sampai Rp659 juta dan ditawarkan dalam beberapa varian yang berbeda. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
komparasi,
#
hyundai,
#
honda,
#
santa fe,
#
cr-v,
#
suv