MENU
icon label
image label
blacklogo

Kodok Lompat! VW Beetle Gahar Cangkok Mesin LS4 V8 Milik Chevrolet Impala

DEC 12, 2022@20:00 WIB | 1,037 Views

Mungkin banyak dari Blackpals yang bertanya-tanya, apa spesialnya dari sebuah Volkswagen Beetle atau yang di Indonesia kerap disebut VW Kodok ini.

Memang, kalau dari tampang luarnya sih terlihat B aja alias biasa aja atau standar. Tapi enggak jika kalian melihat apa yang ada dibalik tutup kap mesinnya. 

Punya desain garis bodi meliuk dan membulat, VW Beetle memang kental dengan kesan lucu dan unik. Namun sedan coupe lansiran Jerman ini sedikit berontak dari kesan satu itu.

Pasalnya sang ownerpun kepincut mendongkrak peforma "kodok biru" satu ini dengan mengganti jantung pacu alias mesinnya. Bukan jadi motor listrik atau swap engine milik sportcar, tapi pilihan mesinnya pun terbilang gokil.

Yups, mesin yang dipilih untuk VW Kodok ini jatuh kepada mesin sedan gambot keluaran tahun 1970an yaitu Chevorlet Impala. Jelas mesin berkubikasi 5.800cc V8 berkode LS4 ini punya output tenaga berkali-kali lebih besar ketimbang mesin asli dari VW Beetle ini.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, sang owner melakukan banyak ubahan yang terbilang enggak gampang. Setelah melepas mesin originalnya, untuk memasang mesin LS4 tersebut perlu membuat berbagai braket atau dudukan berbahan plat besi baru.

Akhirnya mesin pun terpasang sempurna, langkah selanjutnya mesin bertenaga garang ini pun dikawinkan dengan transmisi otomatis original milik VW Beetle itu sob!

Suaranya tetap gahar, mesin V8 ini dikombo dengan knalpot kustom dengan output dua pipa besar ke belakang. Untuk mengimbangi tenaga mesin yang menggila, sektor safety tak ketinggalan ikut diupgrade.

Baca Juga: Kodok Loncat! VW Beetle Garang Gaya Hotrod Bungkus Jantung Pacu 5.700CC V8

Hal tersebut dibuktikan dengan memasang sistem pengereman disk-brake alias cakram di keempat rodanya.

Belum selesai, velg mobil juga diganti dengan ukuran yang lebih lebar agar mendapatkan traksi yang lebih baik.

Terakhir, tampang mobil terlihat sedikit berbeda dengan terpasangnya empat buah over fender berkelir hitam yang berfungsi sebagai penyesuaian lebar bodi dengan velg baru yang lebih lebar.

So.. kini VW Beetle alias VW Kodok ini mampu melesat bahkan loncat dengan output tenaga baru hingga menyentuh angka 505HP dengan torsi 640Nm. [aziz/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
chevrolet,
#
chevrolet impala,
#
ls4,
#
vw,
#
volkswagen,
#
volkswagen beetle,
#
swap engine

X