MENU
icon label
image label
blacklogo

Kiprah VW di Indonesia

OCT 03, 2019@10:00 WIB | 1,265 Views

Merek Volkswagen secara resmi berkiprah di Indonesia sejak tahun 1952. Dibawah naungan PT. Piola sebagai agen tunggal dan importir mobil-mobil merek Volkswagen, merek ini eksis hingga tahun 1971.

(Mr. Thomas Zahn, Executive Director Sales International, Volkswagen AG)

Pada tahun 1971, agen tunggal dan importir mobil merek Volkswagen diambil alih oleh PT Garuda Mataram Motor. Pada tahun 1972, proses produksi CKD (Completely Knocked Down) pertama dikerjakan oleh PT German Motors Manufacturing, sebuah perusahaan yang memproduksi mobil-mobil Mercedes-Benz.  Mobil yang diproduksi saat itu adalah VW Safari dan VW Beetle 1302/200. Pada saat yang sama juga diproduksi secara CKD mobil VW Passat LS & L.

Tahun 1974, diproduksi mobil VW buatan Indonesia untuk pertama kalinya yang diberi nama MITRA. MITRA adalah  merupakan model/mobil VW komersial pertama berbasis T2 dengan mesin 1600 cc.

Pada tahun 1977, merek VW menjadi sangat populer di pasar Indonesia dengan hadirnya VW Safari yang saat itu merupakan mobil operasional Camat di seluruh Indonesia, sebelum akhirnya Volkswagen menghentikan seluruh kegiatannya di Indonesia karena kebijakan pajak yang kurang sesuai dengan kebijakan bisnis Volkswagen di Indonesia.

Pada tahun 1992, Indomobil Group mengakuisisi PT Garuda Mataram Motor dan ditunjuk sebagai Distributor Resmi mobil-mobil komersial VW (Caravelle). Dikurun waktu hingga 1997, merupakan debut produksi CKD VW Caravelle T4 di Indonesia. Pada tahun 2000, PT Car & Cars Indonesia ditunjuk sebagai importir mobil-mobil penumpang (passenger cars) merek Volkswagen di Indonesia. Antara lain: New Beetle, New Golf, New Passat, dan Polo.

Tahun 2006, PT Garuda Mataram Motor mengambil alih kepemilikan PT Car & Cars Indonesia dan secara otomatis menjadikannya sebagai importir mobil penumpang Volkswagen. Dua tahun kemudian, pada tahun 2008 PT Garuda Mataram Motor secara resmi menjadi Agen Pemegang Merek dan importir dari mobil penumpang merek Volkswagen. Sejak itulah, dimulai debut dari mobil-mobil penumpang Volkswagen yang diproduksi secara SKD (Semi Knocked Down) di Indonesia, seperti:

  • VW Touran dan kemudian disusul oleh VW Golf (A6) pada tahun 2009
  • VW Tiguan yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2012
  • VW Golf (A7) pada tahun 2013

Tahun 2019, merupakan debut pertama kali Volkswagen diproduksi secara MKD (medium knocked down) di Indonesia dengan fokus pada satu model yaitu VW Tiguan Allspace LWB (Long Wheel Base).[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
volkswagen,
#
sejarah,
#
perakitan