MENU
icon label
image label
blacklogo

Kini Ada Mobil Bertenaga Surya yang Hadir di Pasar Otomotif Dunia

DEC 25, 2018@11:00 WIB | 104 Views

Bisa dibilang, mobil ini mampu mengisi tenaganya sendiri. Karena kemampuannya tersebut, kendaraan ini dinamakan dengan Lightyear. Mobil listrik ini sebenarnya sudah memasuki tahap kendaraan listrik pada tahun 2017. Dirakit oleh tim surya dari TU Eindhoven, mobil ini ternyata dilirik banyak pihak. Salah satu pihak yang meliriknya ialah di LeasePlan yang akan membantu membawa “mobil abadi” ini ke konsumen pada tahun 2020.

Pertama kali mendengar Lightyear, bukan berarti ini tokoh animasi dalam Toy Story, melainkan sebuah kendaraan listrik bermuatan surya atau matahari. Perusahaan ini awalnya menargetkan untuk memproduksi sepuluh unit pertama pada tahun 2019 dengan 90 unit lainnya akan tiba pada akhir tahun 2020. Namun, rencana ini telah berubah, karena Lightyear sekarang menargetkan pasar konsumen. Perusahaan ini mengatakan mereka merupakan produsen mobil surya pertama yang telah merakit mobil ini.

Sementara Lightyear masih ingin merilis mobil ini, sepuluh kendaraan listrik yang menjadi ujung tombak entri pasar sebelum versi 90 unit Pioneer akan menyusul, sedangkan versi serial akan tersedia pada tahun 2021. Kendaraan listrik ini akan menelan biaya sekitar € 119.000. karena mahalnya, kemudian datanglah perusahaan leasing, yaitu LeasePlan. Kerja sama antara dua perusahaan ini membuka pasar untuk Lightyear dan memungkinkan adanya bisnis penjualan dan penyewaan.

Produksi mobil ini pun membutuhkan fasilitas yang sesuai. Oleh karena itu LeasePlan dan Lightyear mencari calon penyewa dan pembeli untuk dapat membuka pabrik pertamanya di Kampus Otomotif di Helmond, Belanda. Start-up ini telah berkembang menjadi 100 karyawan dan bekerja sama dengan penyedia layanan pengembangan FEV dan EDAG untuk menyelesaikan prototipe pertama dari kendaraan listrik tenaga surya mereka di pertengahan tahun 2019.

Lightyear, mobil listrik dengan sel surya ini terintegrasi dan mampu mengemudi 8.000 hingga 10.000 kilometer per tahun dengan energi matahari di Belanda. Desain mobil ini belum terungkap tetapi beberapa fakta mengatakan bahwa mobil ini akan berbentuk hatchback lima kursi dengan penggerak AWD.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
lightyear,
#
tenaga surya,
#
panel surya,
#
tu eindhoven,
#
leaseplan,
#
leasing