MENU
icon label
image label
blacklogo

Kia Perkenalkan Sorento PHEV 2021

AUG 27, 2020@15:00 WIB | 327 Views

Kia Motors akhirnya mengungkapkan rincian versi paling kuat dan efisien dari SUV andalan segmen D-nya, Sorento Plug-in Hybrid. Di Eropa, ini adalah Sorento listrik kedua yang ditawarkan setelah Sorento Hybrid (230 PS dan 350 Nm), tetapi dengan manfaat tambahan berupa full electric drive.

Power Sorento PHEV adalah mesin GDI 1.6 liter turbocharged yang sama dengan Hybrid, yang menghasilkan 180 PS (177,5 hp) dan torsi 265 Nm. Mesin ini diperkuat dengan motor listrik 67 kW (91 PS/90 hp) yang menyuplai torsi 304 Nm, sehingga menghasilkan output sistem gabungan sebesar 264 PS (260 hp) dan torsi 350 Nm.

Tenaga dikirim ke keempat roda melalui transmisi otomatis enam percepatan. Kia mengatakan gearbox dapat mengerahkan tenaga penuh dari mesin dan motor listrik secara paralel, menghasilkan "respons akselerasi langsung pada kecepatan berapa pun". Motor listrik juga dilapisi dengan proses laminasi dua tahap untuk meningkatkan kehalusan.

Baterai polimer lithium-ion 13,8 kWh yang terletak di bawah lantai dengan water cooler (pertama untuk Kia), memastikan manajemen panas yang optimal dan efisiensi untuk paket baterai tegangan tinggi. Produsen mobil belum melakukan homologasi Sorento PHEV, jadi penghematan bahan bakar, emisi CO2, waktu pengisian daya, dan jangkauan listrik penuh belum disediakan.

Namun, Kia mengatakan Sorento PHEV tidak mengorbankan boot space, dan juga mempertahankan konfigurasi tujuh kursi asli. Baterainya telah dirancang untuk tidak memakan ruang boot, sehingga bagasi PHEV berkapasitas 175 liter dengan ketujuh kursi lebih tinggi dibandingkan dengan 179 liter untuk Hybrid. Model non-hybrid mendapatkan ruang bagasi 189 liter.

Di tempat lain, kabin mobil sebagian besar tetap tidak berubah, meskipun panel instrumen digital 12,3 inci sepenuhnya didesain ulang dengan grafis dan dial baru. Tampilan tengah layar sentuh 10,25 inci juga diperbarui, memungkinkan pengemudi untuk menemukan titik pengisian kendaraan saat bepergian. Perlengkapan modern di sini termasuk Apple CarPlay dan Android Auto, sistem suara surround Bose 12 inci, sistem Pencahayaan Mood 64 warna, dan sistem telematika UVO Connect Kia.

Perlengkapan keselamatan mobil ini cukup mengesankan, menampilkan Advanced Driver Assistance Systems sebagai standar, termasuk Forward Collision-Avoidance Assist dengan pejalan kaki, pengendara sepeda dan deteksi kendaraan, Surround View Monitor, Blind-spot Collision-Avoidance Assist, Intelligent Speed Limit Assist, adaptive cruise control, Highway Driving Assist, Reverse Parking Collision-Avoidance Assist, Rear Cross traffic Collision-Avoidance Assist, dan sistem Multi-Collision Brake pertama.

Kepala perencanaan produk dan penetapan harga Kia Motors Eropa, Pablo Martinez Masip mengatakan, model plug-in akan terus tumbuh dalam popularitas di seluruh Eropa, dan Sorento baru akan menjadi salah satu model listrik yang paling luas, praktis dan serbaguna yang tersedia." Penjualan Sorento PHEV akan dimulai di pasar Eropa tertentu pada awal 2021, dan mereka datang dengan garansi tujuh tahun atau 150.000 km sebagai standar. Produksi ditetapkan untuk fasilitas produksi Hwasung Kia di Korea,” imbuhnya. [ibd/timBX]

Tags :

#
sorento phev 2021,
#
suv,
#
kia motors,
#
sorento plug-in hybrid