MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenal Lebih Dekat Jajaran Baru Hyundai Tucson Powertrains

DEC 19, 2020@15:30 WIB | 207 Views

Hyundai baru-baru ini mengungkapkan generasi keempat dari SUV crossover Tucson populer mereka. Didesain ulang sepenuhnya di dalam dan luar, 2021MY Tucson (Tucson 2022 di Amerika Utara) telah mendapatkan berbagai macam powertrains konvensional dan elektrifikasi untuk memenuhi kebutuhan setiap pengemudi, tanpa mengorbankan kinerja.

Dinamai setelah Tucson, Arizona, crossover kompak ini awalnya dirilis pada tahun 2004 sebagai model global, berbagi platform berbasis Elantra dengan Kia Sportage generasi kedua. Sejak itu, SUV ini menjadi SUV terlaris Hyundai dengan sekitar 7 juta unit terjual secara global. Untuk generasi terbaru, Tucson telah sepenuhnya didesain ulang dan sekarang menghadirkan rangkaian powertrain terluas di segmen SUV kompak.

Dimulai dengan versi non-elektrifikasi, mereka tersedia dengan penggerak dua atau empat roda dan termasuk diesel CRDi 1,6 liter 115 PS (85 kW; 114 hp), dan mesin bensin T-GDI 1,6 liter yang menghasilkan 150 PS (110 kW; 148 hp). Kedua opsi turbocharger ini tersedia di pasar tertentu dari Eropa, di mana masih ada permintaan untuk ICE yang lebih kecil; keduanya hanya dapat dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan.

Untuk pasar seperti Amerika Utara dan Australia, unit bensin 2,5 liter akan ditawarkan sebagai pilihan dasar. Ini memiliki output daya maksimum 190 PS (140 kW; 187 hp) dan hanya akan tersedia dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.

Namun, powertrains yang paling diantisipasi adalah opsi berlistrik yang didasarkan pada mesin bensin 1.6 T-GDI Smartstream turbocharged. Unit ini dilengkapi teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD) pertama di dunia yang dikatakan dapat mengoptimalkan kinerja dan efisiensi bahan bakar sekaligus ramah lingkungan.

Teknologi ini menyesuaikan durasi pembukaan dan penutupan katup sesuai dengan kondisi berkendara, meningkatkan performa hingga 4% dan efisiensi bahan bakar hingga 5%, sekaligus mengurangi emisi hingga 12%.

Puncaknya adalah versi hybrid lengkap yang tersedia secara global. Ia menggunakan motor listrik 44,2 kW (60 PS / 59 hp) yang ditenagai oleh paket baterai polimer lithium-ion 1,49 kWh untuk output gabungan 229 PS (169 kW; 226 hp) ketika mesin pembakaran internal juga diperhitungkan. Mobil Tucson hybrid hadir dengan transmisi otomatis enam percepatan, yang menurut produsen mobil asal Korea Selatan itu menawarkan performa yang mulus, senyap, dan efisien.

Pelanggan dari Eropa dan pasar serupa juga dapat memilih antara dua versi hybrid ringan 48 volt dengan output 150 PS (110 kW; 148 hp) atau 180 PS (133 kW; 178 hp). Keduanya dapat dipasangkan dengan transmisi manual cerdas enam kecepatan (6iMT) Hyundai atau kopling ganda otomatis tujuh kecepatan.

Pasar yang sama juga akan menerima versi hybrid ringan berdasarkan mesin diesel 1.6 liter CRDi Smartstream. Ia menggunakan arsitektur 48 volt yang sama dengan mesin bensinnya dan hanya akan tersedia dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan. Output daya untuk powertrain ini adalah 136 PS (101 kW; 134 hp).

Hyundai juga akan menawarkan mobil versi hybrid plug-in secara global. Ini didasarkan pada mesin bensin 1.6 liter T-GDi Smartstream yang sama, ditambah dengan motor listrik 66,9 kW (91 PS; 90 hp) yang lebih besar. Ini juga dilengkapi dengan paket baterai lithium-ion 13,8 kWh yang lebih besar yang dipasang di bagian bawah bodi mobil.

Menurut pabrikan, baterai dapat diisi dalam waktu kurang dari dua jam menggunakan pengisi daya bawaan 7,2kW dan memberikan perkiraan jangkauan listrik semua 28 mil (45 km). Tucson Plug-In Hybrid 2021MY hadir dengan transmisi otomatis enam percepatan yang dikendalikan melalui perpindahan dengan kabel dan memiliki output daya gabungan sebesar 265 PS (195 kW; 261 hp) dalam spesifikasi Eropa dan penyiapan serupa harus ditawarkan di Amerika Utara sebagai Good Product (baik).

Tucson yang baru akan tersedia tahun depan di Amerika Utara sebagai model 2022 dengan sistem all-wheel-drive HTRAC inovatif dari Hyundai sebagai standar. Ini memberikan vektor torsi elektronik antara gandar depan dan belakang dan memiliki tiga mode penggerak yang dapat dipilih yang dikatakan memungkinkan pengalaman berkendara yang fleksibel. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
hyundai tucson powertrains,
#
hyundai,
#
tucson powertrains,
#
suv crossover tucson,
#
suv