MENU
icon label
image label
blacklogo

Kemenangan Enea Bastianini di Qatar Perkuat Rekor Gresini di MotoGP

MAR 14, 2022@14:55 WIB | 163 Views

Selama 15 tahun penantian panjang Gresini untuk mengklaim kemenangan kelas utama ke-15 berakhir, berkat Enea Bastianini di Qatar pada pekan lalu, cukup mudah untuk mengabaikan bahwa skuat berbasis Italia itu tetap menjadi tim independen paling sukses di era MotoGP. 14 kemenangan Gresini sebelumnya menggunakan mesin Honda antara tahun 2003 dan 2006, dengan delapan kemenangan untuk Sete Gibernau, lima kemenangan untuk Marco Melandri dan satu kemenangan Toni Elias. Gibernau (dua kali) dan Melandri juga finish sebagai runner-up gelar juara di bawah Valentino Rossi.

Perubahan ke mesin 800cc pada tahun 2007 menghentikan semua kemenangan tim satelit, kekeringan yang berlangsung hingga kemenangan Jack Miller pada 2016 di trek Assen. Saat itu, Gresini telah beralih dari satelit Honda ke pabrikan Aprilia, kemitraan yang berlangsung dari 2015 hingga akhir musim lalu. Sayangnya, mendiang kepala tim Fausto Gresini tidak pernah menyaksikan satu-satunya podium tim dengan motor RS-GP, di tangan Aleix Espargaro di trek Silverstone pada tahun 2021.

Tetapi kesuksesan itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang diraih di Qatar, di mana Bastianini meraih kemenangan pada debut balapan proyek baru Gresini Ducati. Ini juga pertama kalinya di era MotoGP sebuah tim independen memenangkan balapan dengan lebih dari satu pabrikan. Selain itu, ini adalah kemenangan satelit kedua Ducati setelah Jorge Martin dari Pramac musim lalu, dan ini adalah yang pertama bagi motor Desmosedici yang berusia satu tahun.

Kemenangan Bastianini juga berarti dia bergabung dengan Gibernau (2004), Cal Crutchlow (2018), Fabio Quartararo (2020) dan Johann Zarco (2021) dalam memimpin klasemen kejuaraan dunia MotoGP sebagai rider satelit. 15 kemenangan satelit Gresini di MotoGP hampir dua kali lipat jumlah tim Pons terdekat berikutnya yang baru meraih delapan kemenangan, sementara Alex Barros, Max Biaggi dan Tamada menggunakan tempat di grid antara 2002-2005.

Dengan penghentian operasional SRT pada akhir tahun lalu, tim independen terdekat berikutnya dengan Gresini yang masih aktif di kelas utama adalah LCR, yang memenangkan tiga balapan bersama Cal Crutchlow pada periode 2016-2018.[dhe/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motogp,
#
gresini,
#
enea bastianini,
#
qatar