MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaspeed Beri Ducati Supersport 750 Sentuhan Cafe Racer

APR 17, 2021@14:00 WIB | 345 Views

Meski mendapatkan ulasan yang mengecewakan, namun Ducati Supersport 750 ini memiliki berat 183kg, cukup ringan untuk ukuran sepeda motor besar.

Dengan rangka teralis, rem Brembo yang bekerja dengan baik, Supersport ini mudah dikendarai dibandingkan kebanyakan Ducati di masanya. Berita terbaiknya adalah, Supersport 750 ini dijual kurang dari $ 5.000 untuk pasar AS.

Mendapatkan injeksi bahan dari toko Jerman Kaspeed membuat Supersport 750 ini jauh lebih segar dan ringan. Meski masih 'klasik', namun ikon Desmo V-twin 90 derajat dan bingkai tubular ini pun sama sekali tidak terbebani.

Dengan perhatian Karsten Dressel dan ketrampilan kedua putranya, Jimmy dan Mick yang bergelar Teknik mesin dan spesialis pemodelan otomotif, kemampuan keluarga Kaspeed ini pun saling melengkapi.

Meski ruang gerak mereka di Jerman tak bebas, namun keluarga Kaspeed masih mencari cara untuk membuat sepeda motor dengan aplikasi CAD dan mesin pengerjaan logam. Bahkan menurut Jimmy, semua orang ingin sepeda motornya siap untuk musim semi di Eropa.

Dengan desain yang diberikan strip-down, Supersport 2000-spek ini layaknya mesin yang berusia lebih dari dua dekade. Tentu saja Ducari 750 ini adalah Supersport kedua yang ditangani keluarga Kaspeed dengan gaya cafe racer.

Pada fairing depan tampak perubahan halus bergaya Moto Guzzi Le Mans, dengan pencahayaan LED menyala. Fairing ini dipasang ke tripel, sehingga bergerak dengan kemudi, dan melindungi sepasang alat pengukur Daytona Velona 60.

Bingkainya telah dilepas, dan dilingkarkan di bagian belakang dengan tabung sederhana, serta dicat ulang. Begitu juga dengan tangki telah sedikit direnovasi, dengan bantalan stok dilepas sehingga tampak lebih bersih.

Pada Supersport 750, Kaspeed menambahkan spatbor depan dan belakang yang dicetak dari termoplastik yang diperkuat serat karbon. Sedangkan jok dan penutup belakang sepenuhnya dibuat khusus, dari campuran serat karbon, Kevlar, dan fiberglass. Untuk bantalan kursi dibuat dengan tangan oleh pelapis lokal, menggunakan kulit dan Alcantara.

Dari cat lebih dari satu warna datar sepadan yang bisa memakan waktu 30 jam, Kaspeed menegaskan ingin membuat tampilan retro dinamis pada Supersport 750. Mereka menggunakan Volkswagen silver / white dengan sentuhan abu-abu, ditambah warna merah metalik untuk kontras dan kesan klasik Ducati.

Pada bagian roda diperhalus dengan cat hitam dan pelek yang dipoles kontras. Kreasi terbaru Kaspeed sepenuhnya legal di jalan raya dan disetujui TÜV. Tentu saja kendaraan ini layak diajak berkeliling di sirkuit bersejarah Sachsenring MotoGP. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
kaspeed,
#
ducati supersport 750,
#
ducati,
#
supersport 750,
#
cafe racer