MENU
icon label
image label
blacklogo

Karma Automotive Ciptakan Platform E-Flexes, Digunakan Varian Revero GT

APR 01, 2020@20:00 WIB | 102 Views

(Karma SC2 Concept)

Ada dua cara untuk membuat mobil elektrik, pertama dengan menggunakan platform yang tersedia, kemudian mengganti hardware terkait Internal Combustion Engine (ICE) dengan mesin EV. Cara kedua dengan benar-benar menggunakan platform baru dari awal. Metode pertama tentu paling murah, karena tidak membangun platform, namun tidak bisa dikategorikan sebagai mobil EV murni. Pertimbangan itulah yang kemudian ditempuh automaker untuk membangun teknologi baru.

Membuat sasi baru terbilang cukup mahal. Karenanya, manufaktur pembuat EV dengan platform yang berbeda, mau saling berbagi platform. Akibatnya puluhan mobil kategori EV di pasaran hanya didukung beberapa platform.

(Karma Revero GT 2020)

Karma Automotive, secara defacto penerus Fisker Automotive adalah satu role model dari perusahaan yang sering kali menjual platform ke pelanggannya. Akhir Maret kemarin, Karma Automotive menawarkan platform E-Flexes, yang bakal digunakan untuk Revero GT.

Secara bentuk sasis, ukuran, penggunaan dan utility bisa digunakan untuk mobil harian bahkan supercar. E-Flexes bisa support untuk 22 konfigurasi yang berbeda untuk automaker. Dalam beberapa saat mendatang karma akan menawarkan platform dalam konfigurasi yang berbeda.

"Kami menciptakan sebuah produk fisik (platform) yang bisa diformat dalam 5 produk yang berbeda. Mungkin mereka menyebutnya sebagai skateboard satu dimensi. Akan tetapi Karma Automotive menyebutnya seabgai E-Flex Platform, sebuah solusi yang cukup multiguna," tutur COO Karma Automotive Kevin Pavlov.

Dari platform yang berbeda tersebut bisa digunakan untuk 22 konfigurasi. Seperti varian kemasan baterai, dan sistem penggerak motor. Karma Automotive dapat memberikan konfigurasi khusus bergantung pada prioritas building. 

Seperti contoh Karma SC2 dengan terdiri bateri unit lithium berkemampuan 120 kWh membentuk huruf I. Baterai ini diklaim mampu menempuh perjalanan hingga 563 km, dan tergolong pada baterai middle. Sementara, kinerja mesin yang kuat dikombinasikan dengan pengereman carbon ceramic, suspensi push rod, dan torque vectoring.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
karma automotive,
#
platform e-flexes,
#
revero gt,
#
sc2 concept