MENU
icon label
image label
blacklogo

Kali Pertama Aston Martin Bikin Motor Balap Trek AMB 001 180 HP

NOV 05, 2019@20:00 WIB | 634 Views

Manufaktur mobil mewah nan sporty Inggris Aston Martin secara mengejutkan meluncurkan produk dua rodanya. Tapi itu bukan murni buatan Aston Martin, melainkan menggandeng kemitraan dengan Brough Superior. Pertama kali ditampilkan di EICMA Milan 2019, motor dengan mesin LS Turbo dengan nama AMB 001 ini, hanya diluncurkan 100 unit untuk fungsional track sirkuit saja rupanya. 

Kerjasama tersebut tidak lain untuk mengisi sisi lain kehidupan Chief of Creative Office Aston Martin yang cukup menggemari motor. "Ini menjadi proyek yang cukup menarik untuk diri saya dan team," aku Reichman.

Lanjutnya, kolaborasi dengan Brough Superior telah memberikan kesempatan untuk memberikan pandangan unik untuk sebuah motor, bagaimana keindahana desain dan teknis berkolaborasi menciptakan motor yang cukup emosional. 

Rancangan desain Reichman terwakili pada desain AMB 001, yang jauh berbeda dengan gaya desain Brough. AMB 001 terlihat memiliki desain yang ramping, karena sebagian kecil mekanikal ditanamkan pada body berbahan karbon tersebut. Gaya bodywork mengikuti referensi mobil sport Aston Martin, dan tetap mempertimbangkan sisi downforce aerodinamika yang fungsional.

AMB-001 juga tidak kalah sangar dengan induk semangnya Aston Martin. Menggunakan mesin V Twin Turbo menghasilkan tenaga 180 horsepower. Kemewahan lain adalah manipol knalpot mesin yang terbuat dari bahan Inconel. Inconel adalah superalloy dengan daya tahan panas dari rocket plane North American X-15 yang cukup terkenal.

Positioning mesin juga cukup menghemat sasis dan berat total, dengan rigiditas yang utama dan diimbangi dengan gearbox 6 kecepatan memberikan dorongan pada roda belakang. Rencananya AMB 001 bakal diproduksi di Brough Superior, Toulouse, Prancis, dan akan dijual sekitar USD120 ribu dan mulai dijual pada kuartal keempat 2020.

Didirikan pada tahun 1919 oleh George Brough, Brough Superior membangun beberapa sepeda motor berbasis performance. Meskipun telah berganti pemilik seperti T.E. Lawrence, karismanya tetap populer di kalangan kolektor, termasuk Jay Leno. Brough Superior kembali dipopulerkan oleh motorbike enthusiast Inggris Mark Upham pada 2012.

Perlu BlackPals ketahui, tidak ada manufaktur yang membuat kendaraan dengan dua roda dan empat tidak pernah terjadi sebelumnya. Triumph pernah membuat mobil dan motor, sementara Ducati saat ini merupakan bagian dari Grup Volkswagen yang luas. Tetapi pembuat mobil dan pembuat sepeda motor yang bekerja sama untuk proyek tertentu agak tidak biasa. Mercedes-AMG sebelumnya bermitra dengan Ducati dan MV Agusta pada beberapa sepeda edisi khusus, tetapi ini adalah versi AMG dari model yang ada, bukan benar-benar yang orisinal.

Aston Martin juga mempersiapkan sejumlah kejutan. Selain sepeda motor, Aston sedang bersiap untuk meluncurkan SUV pertama dan mobil listrik pertamanya. Brough Superior juga bukan satu-satunya mitra pengembangan kendaraan Aston. Pembuat mobil ini bekerja dengan Red Bull Racing - tim Formula One raksasa minuman energi - pada hypercar hybrid yang disebut Valkyrie.[Ahs/timBX]

Tags :

#
aston martin,
#
aston martin superbike,
#
amb 001,
#
brough superior