MENU
icon label
image label
blacklogo

Kalahkan 5 EV Lainnya, Kia EV6 Dapat Penghargaan European Car of the Year 2022

MAR 01, 2022@13:00 WIB | 319 Views

EV6 menjadi model pertama dari Kia yang memenangkan penghargaan European Car of the Year (ECOTY). Diumumkan beberapa waktu yang lalu, EV6 berhasil mengalahkan enam rivalnya di final dengan 279 poin. Runner-upnya hanya berjarak 14 poin, dan tempat ketiga hanya berjarak 18 poin dari juara pertama.

Hampir semua finalis dalam penghargaan ECOTY adalah kendaraan full-electric. Daftar pesaing juga mencakup kendaraan dengan mesin pembakaran konvensional, serta kendaraan yang ditawarkan dalam varian ICE dan EV. Untuk lebih spesifiknya, 18 dari 39 pesaing adalah EV, tetapi hanya enam yang lolos ke final. Biasanya, pemenang penghargaan European Car of the Year diumumkan selama Geneva Motor Show, tetapi acara itu dibatalkan. Namun, upacara penghargaan tersebut masih diadakan di Jenewa, dan disiarkan langsung di YouTube.

Menjadi mobil Kia pertama yang memenangkan penghargaan ECOTY, EV6 adalah mobil listrik ketiga yang menerima penghargaan ini. Generasi pertama Nissan Leaf meraih penghargaan ini satu dekade lalu, pada tahun 2011. Seperti yang disebutkan di atas, Kia EV6 mengungguli runner-up dengan hanya 14 poin, dan tempat ketiga tertinggal empat poin. Renault Megane E-Tech menerima 265 poin dan melaju ke Paris dengan menempati posisi kedua. Tempat ketiga ditempati oleh saudara se-platform Kia EV6, Hyundai Ioniq 5, dengan 261 poin. Tempat keempat diraih Peugeot 308 dengan 191 poin. Tempat kelima ditempati oleh koda Enyaq dengan 185 poin, sedangkan Ford Mustang Mach-e mendapat 150 poin dan tempat keenam. Cupra Born berada di posisi terakhir, dengan 144 poin.

Penghargaan European Car of the Year edisi tahun ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari 59 orang, sesuai dengan edisi ECOTY yang ke-59. Pemenang pertama dari penghargaan European Car of the Year adalah Rover 2000, yang memenangkan edisi perdana acara tersebut pada tahun 1964. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
kia,
#
kia ev6,
#
ecoty 2022,
#
electric vehicle,
#
ev