MENU
icon label
image label
blacklogo

John Cooper Works: EV Terbaru dari MINI

DEC 08, 2020@09:00 WIB | 623 Views

Mobil listrik Mini Cooper SE memang menarik, namun pabrikan telah datang lagi dengan produk tak kalah menarik. Itu adalah John Cooper Works (JCW) dalam bentuk mobil listrik (EV).

“Sekarang saatnya untuk menerjemahkan semangat kinerja merek John Cooper Works ke mobil listrik. Itulah mengapa kami berupaya mengembangkan konsep untuk model listrik John Cooper Works,” kata Bernd Korber, Head of Mini Brand.

Konfirmasi dari Korber sekaligus mengukuhkan rumor tentang keberadaan produk ini, sejak sebulan yang lalu. Di awal Desember 2020, pabrikan memberikan teaser JCW varian listrik yang masih ditutupi stiker kamuflase. Belum banyak detail yang dibeberkan perusahaan tentang produk JCW listrik, akan tetapi, perubahan terbesar yang dapat dilihat adalah ada bagian depan yang grille lebih dekat ke Cooper SE.

“Dengan fokus baru pada kinerja listrik ini, kami juga menciptakan peluang untuk mempertajam profil khas merek John Cooper Works lebih dari sebelumnya,” tambah Korber.

Berdasarkan penampakan pada teaser JCW, eksteriornya masih mengaplikasikan desain MINI JCW GP bermesin bensin, tetapi tanpa knalpot.

Untuk urusan dapur pacu, kita masih harus menunggu konfirmasi resmi dari Mini. Sebagai basis, motor listrik pada Mini Cooper SE menghasilkan 184 hp dan torsi 270 Nm yang bisa meluncurkan mobil dari 0-100 km/jam dalam 7,3 detik.

Mengingat ini adalah varian JCW baru, bisa dipastikan motor listriknya akan jauh lebih bertenaga. Dan mungkin akan disambungkan dengan sistem All Wheel Drive (AWD). Bila dugaan ini nantinya terbukti benar, JCW tentu jadi hot hatch paling kencang di pasaran.

Selain mesin, salah satu aspek penting untuk mobil listrik adalah jarak tempuh. Koleksi MINI Cooper SE menawarkan baterai 32,6 kW yang mampu membawa Anda sejauh 177 km. Namun angka ini terbilang kurang memuaskan di segmen mobil listrik terkini, mengingat pabrikan lain menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh.

Meskipun masa depan mobil listrik sudah di depan mata, MINI tetap menghadirkan JCW dengan mesin bertenaga petrol. Perusahaan tampak ingin menarik perhatian para pecinta gaya konvensional di tengah pergeseran ke produk yang lebih ramah lingkungan.

“Model John Cooper Works dengan mesin pembakaran konvensional akan tetap memiliki peran penting untuk dimainkan, untuk memastikan kami memenuhi keinginan dan kebutuhan para penggemar performa di seluruh dunia,” kata Bernd Korber.

Bagaimana dengan Anda ? Lebih tertarik dengan JCW listrik atau mesin bertenaga bensin? [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
john cooper works,
#
mobil listrik,
#
ev,
#
mini cooper se,
#
mobil listrik mini cooper