MENU
icon label
image label
blacklogo

Jeroan All New Honda Brio v Honda Brio Lawas; Serupa Tapi Tak Sama

OCT 27, 2018@10:00 WIB | 2,920 Views

Honda sengaja menciptakan All New Honda Brio agar bisa menyandang status sebagai mobil kompak yang sporty dan populer tak hanya di Indonesia, namun di Asia Tenggara. Honda Brio sendiri pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2012 silam, dan langsung meraih volume penjualan yang sangat baik di Indonesia serta respon positif dari konsumen.

Melihat pencapaian yang membanggakan itu, Honda Brio generasi ke-2 pun dikembangkan sebagai solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pembeli mobil pertama dan keluarga di kota-kota kecil. Ini semata karena Honda berkomitmen mengembangkan kendaraan terbaik di segmen ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Tapi tahukah Anda, saat Blackxperience menguji langsung All New Brio di Baliatas undangan PT Honda Prospect Motor, ternyata Honda melalui tim R&D Asia Pacific-nya, mengakui kalau Brio terbaru ini masih berbagi platform dan komponen dengan Brio lama. Meski begitu, kalau diteliti lebih detil masing-masing punya karakteristik yang berbeda.

Contohnya saja, peranti ECU. Walaupun menggunakan mesin yang sama, yaitu 1.200 cc yang menghasilkan sekitar 90 HP, dan dengan body yang lebih besar, pihak Honda melalui Yasuhiro Kumai selaku Chief Engineer Assitance Project Leader, Honda R&D Asia Pacific, mengkonfirmasi bagian Electronic Control Unit diperbarui sehingga mendapatkan figur kehematan yang optimal.

Tak heran, saat Blackxperience mengendarai All New Brio di jalan tol Mandara, Bali, penyaluran tenaganya tidak seagresif generasi sebelumnya, apalagi saat menemui kontur jalan menanjak. Yang jelas, performa All New Brio masih yang terbaik dibanding kompetitor di kelasnya.

Selain itu pria yang berkantor di Thailand ini, mengatakan mereka juga melakukan revisi bagian kaki-kaki karena efek dari bertambahnya panjang  dan bobotnya. Suspensi diracik ulang, baik untuk roda depan dan belakang. Mulai dari spring rate per, damper shockbreaker, bushing-bushing dan juga diameter stabilizer yang lebih besar.  

Terasa sekali Brio generasi kedua ini memiliki agility yang lebih baik walaupun posturnya bertambah berat dan lebih panjang. Tetap lincah saat bermanuver, meski terasa lebih keras dari sebelumnya sehingga konsekuensinya kenyamanan penumpang jadi sedikit berkurang saat melewati permukaan jalan yang tidak mulus. Tapi saat melesat di kecepatan tinggi, All New Brio begitu stabil.

Jadi kalau BlackPals membeli komponen kaki-kaki All New Brio ini harus teliti, ya. Jangan sampai beli komponen kaki-kaki versi lama untuk dipakai versi terbaru meski harganya lebih murah. Sebab karakternya berbeda. [bil/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
all new honda brio,
#
honda prospect motor