MENU
icon label
image label
blacklogo

Jelang MotoGP 2022, Yamaha Beri ‘Tekanan’ Pada Franco Morbidelli

MAR 01, 2022@15:30 WIB | 296 Views

Ketua tim Yamaha, Massimo Meregalli, ingin Franco Morbidelli membalas hasil buruk musim 2021 dan bangkit di tim pabrikan untuk musim baru MotoGP.

Pemenang balapan tiga kali dan runner-up 2020 itu mengalami musim yang jauh dari harapan tahun lalu, di mana ia hanya mencetak satu podium karena tidak memiliki kecepatan maksimum dengan mengendarai motor yang berusia dua tahun dengan tim Petronas SRT Yamaha. Dia dipaksa keluar dari GP Belanda pada bulan Juni hingga GP San Marino pada bulan September saat dia pulih dari operasi cedera lutut, saat dia dipromosikan ke tim pabrik Yamaha dengan kontrak dua tahun untuk menggantikan Maverick Vinales.

Hanya mencetak tujuh poin dalam lima balapan terakhir sebagai rider pabrikan Yamaha pada 2021, Meregalli merasa Morbidelli ‘terlalu dini’ untuk kembali membalap meskipun punya kecocokan untuk mengendarai M1. “Apa yang saya harapkan dari Franco adalah semacam balas dendam setelah musim lalu, karena dia memiliki banyak kesalahan. Dia memulai dengan cukup baik, kemudian dia cedera, dia memutuskan untuk menjalani operasi dan kemudian dia pindah ke tim pabrik,” kata Meregalli. 

“Mungkin dia terlalu dini untuk kembali ke motor dengan tujuan agar pemulihannya lebih cepat, tapi sepertinya itu menjadi keputusan buruk. Dia menggunakan balapan terakhir untuk membiasakan diri dengan kru baru, motor pabrikan baru. Tapi saya sangat penasaran melihat Franco dalam kondisi yang baik, mengendarai motor seperti yang biasa dia lakukan sebelum dia cedera. Dia terbiasa mengendarai motor, kami tahu dia sangat cocok dengan M1 kami,” sambungnya lagi.

Franco Morbidelli menunjukkan performa yang solid selama tes pra-musim pada bulan Februari dengan M1 2022, mengakhiri tes di Indonesia dengan posisi kelima secara keseluruhan. Meski demikian, ia mengaku gaya berkendaranya masih lebih “terkait” dengan motor 2019 yang dikendarai sebelumnya.

“Saya masih perlu meningkatkan feeling dengan motornya,” kata Morbidelli tentang apa yang dibutuhkan dengan paket baru Yamaha. “Ini harus memiliki perilaku berbeda dengan motor 2019, saya masih merasa lebih terhubung ke 2019 daripada motor 2022. Jadi, saya perlu berbaur sedikit lebih baik,” pungkasnya. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
franco morbidelli,
#
motogp,
#
yamaha,
#
motogp 2022