MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar Land Rover Kembangkan Fitur GLOSA

NOV 16, 2018@10:00 WIB | 1,782 Views

Salah satu penyebab dari kejengkelan para pengemudi ketika sedang mengendarai mobilnya adalah kemacetan. Ketika sedang di persimpangan ataupun di lampu merah, terkadang terdapat antrean yang sangat panjang dan padat sehingga pengendara tidak dapat menemukan ruang yang pas untuk menerobos masuk ke antrean. Akibatnya, si pengendara bisa stuck di tempat dan hal itu sangatlah menyebalkan.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, Jaguar Land Rover telah menambahkan sebuah teknologi yang bernama V2X. Teknologi tersebut akan menghubungkan mobil ke lampu lalu lintas sehingga dapat terbebas dari kemacetan sekaligus membantu meminimalisir kepadatan kendaraan di kota-kota besar.

Nantinya, pada fitur V2X akan ada sistem yang bernama Green Light Optimal Speed Advisory (GLOSA) yang memungkinkan mobil untuk ‘berinteraksi’ dengan lampu lalu lintas dan memberi tahu pengemudi seberapa kecepatan yang harus mereka kendarai saat mereka mendekati persimpangan atau lampu lalu lintas.

Penggunaan teknologi V2X secara luas juga akan mencegah pengemudi ketika mengebut untuk mendapatkan lampu hijau ketika lampu hijau berdurasi tinggal sedikit lagi karena hal tersebut dapat mengakibatkan tiga hal yang merugikan setiap pengendara. Pertama, kualitas udara akan menjadi buruk akibat udara yang keluar dari knalpot akibat mengebut. Kedua, akan ada akselerasi kasar yang dapat merusak mesin. Ketiga, dapat membahayakan pengendara lainnya juga.

Untuk saat ini, teknologi V2X sedang diujicobakan pada Jaguar F-PACE, sebagai bagian dari proyek penelitian kolaboratif senilai 20 juta poundsterling. Seperti semua kendaraan Jaguar saat ini, F-PACE telah menawarkan berbagai fitur Advanced Driver Assistance (ADAS) yang canggih. Percobaan teknologi ini juga bertujuan untuk meningkatkan fitur ADAS dengan meningkatkan garis pandang kendaraan ketika terhubung dengan kendaraan lain dan infrastruktur kota.

Jaguar Land Rover juga telah mengatasi waktu yang terbuang untuk mencari tempat parkir dengan menyediakan informasi ruang parkir yang tersedia untuk pengemudi. Selain itu, Jaguar Land Rover menyediakan fitur Emergency Vehicle Warning yang bertujuan untuk memanggil pemadam kebakaran, polisi, atau ambulan terdekat ketika terjadi sebuah masalah serius.

Oriol Quintana-Morales, Jaguar Land Rover Connected Technology Research Engineer, mengatakan, “teknologi mutakhir ini akan mengurangi waktu yang kita buang di lampu lalu lintas. Fitur ini juga memiliki potensi untuk mengubah cara mengemudi dengan menciptakan kota-kota yang aman dan mengalir bebas untuk menghilangkan stres dalam perjalanan.”[rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
jaguar land rover,
#
v2x,
#
green light optimal speed advisory (glosa),
#
jaguar