MENU
icon label
image label
blacklogo

Jadi Idaman Kolektor, Inilah 12 Supercar Yang Tak Habis Dimakan Zaman

JUN 29, 2020@15:00 WIB | 517 Views

Istilah supercar yang digunakan untuk menggambarkan mobil sport dengan karakteristik kinerja yang paling mengesankan, dimulai pada tahun 1950 ketika perintis awal dari segmen ini menjadi umum.

Mobil ini pun telah mengukuhkan diri sebagai puncak kejeniusan otomotif dan kemewahan yang tak tertandingi. Dan pastinya ada beberapa jenis atau merek mobil supercar yang selalu menjadi idaman kolektor dan dianggap tak lekang zaman.

1. Lamborghini Miura

Didesain oleh Marcello Gandini, Lamborghini Miura adalah supercar ikonik yang diproduksi oleh merek tersebut pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an. Perusahaan hanya memproduksi 764 unit model, dua diantaranya dipajang di museum Lamborghini saat ini.

2. De Tomaso P72 GT

Pernah menjadi produsen supercar yang berbasis di Modena, De Tomaso diakuisisi oleh China Ideal Team Ventures pada 2014 silam, perusahaan yang sama yang saat ini memiliki Apollo Automobili. Sekarang, merek ini dihidupkan kembali dengan diperkenalkannya supercar retro P72 GT, untuk memperingati ulang tahun ke-60.

3. Ares Design Progetto Uno

Dikenal karena melakukan modifikasi eksklusif mobil dan SUV modern, serta memulihkan model vintage, Ares Design memulai misi baru dengan supercar Progetto Uno. Mobil itu juga bernama Panther sebagai bentuk ingatan kepada De Tomaso Pantera tahun 1970-an.

4. Ultima RS

Pabrikan supercar eksklusif dari Inggris, Ultima Sports mendapatkan inspirasi dari periode balap Grup C dengan membangun mainan lintasan supercepat seperti Ultima RS.

5. Hispano Suiza Carmen & Boulogne

Nama merek otomotif pra-Perang Dunia ke-2 saat ini diperdebatkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya dipimpin oleh keturunan langsung dari pendiri Hispano-Suiza (Damián Mateu) dan mereka merilis supercar listrik yang dinamai ibu dari si pemilik.

6. TR Speed 12

Terinspirasi oleh prototipe TVR Speed 12 yang dianggap ‘terlalu kuat untuk berada di jalanan umum’ oleh pembuatnya, supercar TR Speed 12 menata ulang model aslinya, sebagai kendaraan jalanan legal dengan lebih banyak kuda di bawah kapnya.

7. Pagani Imola

Pagani Imola terinspirasi supercar Pagani Huayra dan Zonda. Mobil ini difokuskan untuk digunakan secara umum.

8. Kreisel Evex 910E

Kreisel Evex 910E adalah supercar dengan tenaga listrik yang didasarkan pada Porshe 910 tahun 1960. Sistem motornya memiliki 490 tenaga kuda, sementara gearbox otomatis 2-percepatan dikembangkan secara khusus untuk memastikan akselerasi yang lebih baik dan maksimum kecepatan yang lebih tinggi.

9. Porsche 935

Porsche 935 digadang-gadang sebagai salah satu supercar terbaik. Berdasarkan generasi sebelumnya (911 GT2 RS), model ini mendapatkan bodywork yang terlihat retro, yang tentunya terinspirasi oleh Porsche 1978 yang memenangkan kejuaraan Le Mans 24 Hours.

10. Ecurie LM69

Ecurie Ecosse adalah perusahaan balap motor dari Edinburgh (Skotlandia) yang berkompetisi di Formula 1 dan Formula 2 serta Le Mans 24 Hours selalu mengenakan warna khas Flag Blue Metallic. Pada tahun 2020 mereka sedang membangun Ecurie LM69 yang terinspirasi oleh Jaguar XJ13.

11. Ferrari 250 GT Berlinetta SWB

Ferrari 250 GT Berlinetta SWB adalah mobil GT yang dibangun pada tahun 1959 dan dikembalikan ke kondisi sempurna oleh Ferrari Classiche Departmen pada tahun 2015.

12. Ford GT40 1966 by Olthoff Racing

Ford GT40 1966 ini adalah replika terbaik dari model pemenang Le Mans. Itu dibangun oleh Olthoff Racing pada tahun 2016, dan dijual kembali melalui RK Motors setahun kemudian.  [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kolektor supercar,
#
supercar,
#
mobil sport,
#
lamborghini miura