MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Rumitnya Proses Homologasi Super Car Koenigsegg

APR 20, 2020@11:15 WIB | 252 Views

Membuat mobil untuk melenggang secara resmi di jalanan umum bukanlah hal yang mudah. Tampaknya ada saja seabrek aturan dan regulasi terkait keamanan dan standar emisi yang harus dipenuhi mobil jika ingin turun ke jalan. Nah, masalah ini yang dialami oleh Cristian Von Koenigsegg, Founder pabrikan mobil sport asal Swedia tersebut.

Berbeda dengan aturan mobil balap, standar peraturan yang lebih rumit memang diterapkan untuk mobil jalanan karena menyangkut kepentingan orang banyak. “Entah kita menjual hanya 3 mobil setahun atau 300 ribu mobil setahun, standarnya tetap sama dan tak hanya memerlukan banyak usaha tapi juga biaya yang tidak sedikit juga.” Ungkapnya.

Kebanyakan pabrikan mobil, menjual puluhan ribu hingga ratusan ribu mobil dalam setahunnya, dan memiliki divisi sendiri dengan belasan hingga puluhan orang untuk mengurusi homologasi, dan Koenigsegg hanya punya satu orang.

Pada sesi bincang-bincang Apex One dengan manager homologasi Koenigsegg, David Tugas, ia mengungkapkan banyak hal menarik mengenai legalitas mobil Koenigsegg dan kerumitan yang harus ditempuh untuk sampai ke jalanan.

Menurut Tugas, kerumitannya terletak pada regulasi yang berbeda untuk setiap negara di dunia. Pasar Koenigsegg hampir menjangkau ke seluruh dunia dan setiap mobil produksinya harus menyesuaikan regulasi yang berbeda-beda di tiap Negara tersebut. Untungnya sebagian Negara memiliki konsep regulasi yang mirip-mirip seperti Kanada dan AS juga Negara-negara Eropa.

Tapi tetap saja, jika harus merancang struktur tabrakan, airbag, headlight, dan seatbelt yang harus berbeda untuk setiap Negara butuh dana yang gila-gilaan. Koenigsegg bahkan membocorkan jika perusahaannya menghabiskan 60 persen dari dana pengembangan hanya untuk homologasi setiap tahunnya.

Terlebih lagi, mobil Koenigsegg adalah bukan mobil dengan spesifikasi biasa, lain dengan mobil masal yang memang sudah dibuat dengan spesifikasi jalanan, jadi tentunya lebih rumit untuk menyesuaikannya. Simak penjelasan lengkapnya di video berikut. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
proses homologasi,
#
super car koenigsegg,
#
von koenigsegg,
#
david tugas

RELATED ARTICLE