MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Koleksi Rahasia Porsche yang Bersembunyi di Stuttgart

NOV 30, 2020@10:30 WIB | 128 Views

Pabrikan mobil sebenarnya sudah memiliki banyak koleksi di gudang produksinya, bersiap menuju peluncuran. Ada yang akan tiba dalam waktu dekat, namun ada pula yang masih menunggu pengembangan dan pemantapan produk. Lantas, seperti apakah gudang harta karun dari pabrikan mewah Porsche?

Perusahaan mobil yang dipimpin oleh Oliver Blume ini memiliki gedung di daerah Stuttgart yang memuat ratusan mobil, mulai dari prototipe, mobil sekali pakai, dan mobil balap. Mobil-mobil ini tertutup rapat di dalam gedung, dan kadang-kadang dibawa keluar untuk acara khusus seperti pameran dan peluncuran mobil baru. Berikut beberapa diantaranya.

1. Porsche Tipe 60 (1938)

Ini adalah mobil prototipe pra-produksi yang dikemangkan di masa sang pendiri, Ferdinand Porsche. Tipe ini sangat mirip denan Beetle reguler, dari bentuk bodi hingga mesin empat silinder berpendingin udara.

2. Bus Volkswagen (1949)

Porsche tidak pernah mencoba van komersial, jadi mobil pendukung balapnya diambil dari pabrikan lain. Volkswagen dipilih karena kokoh, terjangkau, mudah dioperasikan, serta dapat membawa lebih banyak perlengkapan di bagian atap.

3. Porsche 550 Spyder (1953)

Mobil yang satu ini dirancang untuk balap, dengan mesin 110hp berbobot 554 kg. Ini adalah salah satu mobil balap paling sukses dan terus memenangkan balapan selama bertahun-tahun.

4. Porsche 911 S Tipe 915 (1970)

Tipe ini mengeksplorasi empat jok berukuran dewasa yang nyaman, dengan menambahkan satu kaki lembaran logam. Eksekutif akhirnya memilih untuk tidak mengubah Tipe 915 menjadi model produksi karena takut akan mengkanibal mobil merek lain.

5. Mobil Rekor Porsche 924 (1976)

Dengan mobil ini, pengembang mengalami ‘kemenangan di hari Minggu dan menjual di hari Senin’. Ini berkat rekor kecepatan memukau pada oval berkecepatan tinggi di Nardo, Italia, di mana mobil dibekali mesin 250bhp.

6. Porsche 924 Carrera GTR (1980)

Ini adalah homologasi khusus lainnya, di mana Porsche membuat 17 contoh mobil pada tahun 1970 untuk memenuhi peraturan Grup 4. Masing-masing model meninggalkan pabrik dengan intercooler yang lebih besar, roll cage terintegrasi, suspensi yang dapat disesuaikan, dan rem yang lebih besar dari 935.

7. Porsche 959 (1982)

Prototipe awal ini diuji secara ekstensif di terowongan angin pada tahun 1982, setahun sebelum model tersebut membuat penggemar tidak bisa berkata-kata di pameran Frankfurt. Porsche menunjukkan spoiler bagal uji terintegrasi ke dalam tutup dek dan bagian bawah bodi dilengkapi penutup plastik.

8. Porsche 984 (1984)

Koleksi yang ini menawarkan bobot ringan, aerodinamis, dan terjangkau, yang dibuat untuk memikat penggemar muda ke ruang pamer Amerika Serikat. 984 menggunakan mesin 2.0 liter flat-four berpendingin udara yang disetel untuk mengirim 135 bhp ke roda belakang melalui transmisi manual.

Selain model-model di atas, masih banyak koleksi lainnya yang bersembunyi di balik gedung Porsche di Stuttgart. Ini adalah topik yang selalu menarik untuk dibahas. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
porsche,
#
porsche 550 spyder,
#
bus volkswagen