MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Frank Stephenson Mendesain Ferrari F430, Proporsi Kuncinya

APR 28, 2020@16:15 WIB | 99 Views

Ferrari sudah hasilkan banyak seri mobil dari pabriknya di Maranello. Tapi salah satu model Ferrari modern mid-engine yang paling ganteng adalah Ferrari F430. Mobil ini hadir dengan tampilan yang agresif namun tetap memikat, garis body yang smooth dan juga desain lampu belakang yang unik.

Bagaimana desain body F430 ini bisa menonjol dibandingkan Ferrari bermesin V-8 lainnya? Frank Stephenson, desainer dari mobil ini akan mencoba menjelaskannya untuk kita.

Stephenson sudah sangat berpengalaman dalam bidang desain mobil. Tak hanya Ferrari F430 yang ikonik, ia adalah aktor di balik desain Mini Cooper modern pertama, Maserati MC12, dan sejumlah mobil-mobil baru McLaren.

Dalam video berdurasi 8 menit ini terungkap jika tantangan utama dalam mendesain Ferrari F430 adalah proporsi. Ya, Ferrari meminta agar F430 harus memiliki proporsi serupa dengan pendahulunya, Ferrari 360 Modena.

Dalam draft, secara umum ia harus menentukan lekukan dan layout sehingga masuk ke dalam proporsi umum 360 Modena. Dengan desain yang sudah proporsional, engineer Ferrari dapat menggunakan bentuk sasis yang serupa, penempata radiator, dan seluruh struktur dasar mobil sehingga dapat menekan biaya.

Salah satu desain yang paling unik dari F430 adalah moncongnya. Frank menjelaskan, setelah mencoba menggambar beragam desain “hidung”dari F430, tim desain Ferrari pun turut menggali desain-desain lawas, akhirnya pilihan jatuh ke mobil Formula 1, Ferrari 156 tahun 1961 yang dulu dikenal dengan “Sharknose”atau moncong hiu.

Nah di bagian belakang alias buntut, lampu belakang diangkat ke atas dengan posisi menonjol di atas tutup geladak menjadi desain yang unik serta melengkapi proporsi. Blackpals masih penasaran? Berikut video lengkapnya. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
frank stephenson,
#
desain ferrari f430,
#
mini cooper modern,
#
maserati mc12