MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Yamaha XV750 Street Tracker yang Mengagumkan dari Jepang

MAY 05, 2021@10:00 WIB | 486 Views

Meniliki sejarah, sejak empat puluh tahun yang lalu, Yamaha telah membuat sebuah terobosan singkat ke dunia trek datar di Amerika Serikat dengan motor balap XV750-nya. Karya Takashi Nihira ini menyuguhkan mesin yang dapat bergerak cepat, dan memberikan inspirasi bagi pelacak jalanan fenomenal.

Memenangkan banyak penghargaan di Yokohama Hot Rod Custom Show, dan dilibatkan BMW untuk menggarap proyek kustom G310R, Nihira-san menjalankan Wedge Motorcycle, yang menjadi salah satu toko khusus Jepang terbaik.

Sepeda motor balap XV750 awalnya merupakan hadiah dari pelanggan penggemar pelacak datar XV750 yang dikampanyekan Yamaha di AMA Grand National Championship awal 1980-an. Meski hanya berlangsung beberapa tahun, tetapi Yamaha mengirimkan 75 mesin ke Amerika Serikat untuk privateers, dan mempekerjakan Kenny Roberts dan Mert Lawwill.

Motor buatan ini berasal dari Yamaha XV750 Special tahun 1981. Dalam bentuk stok, model V-twin 'custom' yang sedikit kaku dengan penggerak poros, dan bodywork kembung dan lentur yang diciptakan untuk Wedge. Setelah mesin dibongkar, Wedge difungsikan selama empat dekade, dengan penyesuaian piston di ujung bawah dengan kepala silinder yang diperbarui. Tak hanya itu, rel kursi di bagian belakang diberikan yang baru.

Untuk mengurangi guncangan ganda, Nihira-san telah memodifikasi lengan ayun dari Virago XV750, dengan mengubah posisi pemasangan dan poros swingarm.

Untuk suspense agar sesuai dengan gaya motornya, pada Nihira-san membuat perpaduan suku cadang Yamaha dengan mengambil garpu dan leher kemudi dari XS650, dan memasangkannya dengan kuk atas yang dimodifikasi dari SR400.

Bagian roda diberikan ukuran 19 inci dengan pelek profil 'H' berbahu tinggi klasik, dan ban tubed modern Firestone dari pola tapak ANS yang ikonik.

Dengan warna cat krem kue pada tangki baru yang dibuat dengan tangan oleh ahli dari baja. Wedge terkenal dengan kehebatan catnya, dan mereka pun telah menyelesaikan bodywork dengan warna putih solid yang bersahaja — plus 'speed block' Yamaha yang ikonik.

Meskipun bukan kustom yang nampak radikal, tetapi Wedge's XV750 sangat mengagumkan segera setelah Anda melihat gambarnya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
yamaha xv750 street tracker,
#
yamaha xv750,
#
motor kustom,
#
custom motor