MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Superquad Pertama di Dunia, Engler FF Bertenaga 1,110hp dari Lamborghini

NOV 14, 2020@12:00 WIB | 380 Views

Muncul satu kendaraan tercepat dari daftar supercar dan superbike yang ada di dunia. Ini memiliki desain unik tersendiri dengan tenaga mencapai 1.110hp dan didukung penuh pabrikan yang sudah terkenal di dunia supercar. Dan ini muncul sebagai superquad pertama di Geneva Motor Show 2019. Adalah Engler FF, si mesin yang mampu menarik perhatian semua orang saat peluncurannya saat itu.

Ini sepenuhnya dirancang, dikembangkan, diuji, dan diproduksi sendiri oleh Engler dan beratnya hanya sedikit di atas 100 kilogram (221 lbs.). Pabrikan mengklaim telah mengembangkan sasis aluminium ringan dari awal, tetapi mempelajari dimensinya mengungkapkan itu mungkin setidaknya terinspirasi oleh arsitektur sport modular Audi R8 dan Lamborghini Huracan. Mobil dengan dua tempat duduk ini didukung oleh Lamborghini V10 5.2 liter yang merupakan jantung dari dua supercar yang disebutkan di atas.

Mesinnya dibekali dengan menambahkan dua turbocharger yang disedot secara alami, meningkatkan outputnya jadi 1.100 hp (821 kW; 1.116 PS) yang memberi Engler FF rasio power-to-weight 1: 1 dan memungkinkan berakselerasi dari 0 hingga 100 kpj (0-62 mph) hanya dalam 2,5 detik dan mencapai kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik sebesar 350 kpj (217 mph).

Dan sistem pengereman untuk memperlambat superquad dibuat oleh Brembo dan dilengkapi dengan kaliper monoblok aluminium enam piston di depan dan kaliper empat piston untuk menghentikan roda belakang. Rotor berventilasi karbon-keramik depan berukuran 400x38 mm (15,72 inci) sedangkan yang belakang lebih kecil, pada 380x38 mm (14,93 inci). Ini adalah versi sistem pengereman yang sama yang digunakan oleh Lamborghini pada semua model Aventador.

Salah satu fitur terbaik kendaraan ini adalah kemudi dan suspensi udara adaptif, yang dikembangkan dari nol dan diuji secara ekstensif oleh Engler. Mereka menerapkan Extreme Cornering System, yang memungkinkan pengendara merasakan sensasi menikung ekstrem tanpa terlempar dari quad. Mengembangkan sistem kemudi yang kompleks dari superquad pertama di dunia adalah tugas yang menakutkan, tetapi para insinyur berhasil melakukannya, menawarkan kendaraan yang menggabungkan kekuatan supercar dengan kelincahan superbike.

Engler FF juga dilengkapi sistem knalpot titanium alloy dan velg magnesium alloy 20 inci, yang masing-masing memiliki berat 7,5 kg (16,5 lbs.) Di depan dan 8,2kg (18 lbs.) Di belakang. Sedang cluster instrumen digital ditempatkan di depan setang dan antarmuka utama, yang didasarkan pada sistem MMI Audi, dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan aplikasi smartphone. Lampu depan dan lampu belakang juga dipinjam dari Audi, dan menampilkan teknologi petir Matrix yang inovatif.

Dan pihak Engler mengungkapkan versi produksinya telah ada di Salon Prive Concours d'Elegance tahun ini. Apakah mereka akan dapat mengesahkannya untuk digunakan di jalan raya masih belum ada kepastiannya dan perlu dilihat kembali. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
superquad pertama dunia,
#
engler ff,
#
lamborghini,
#
geneva motor show 2019