MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Subaru Impreza STI V12 Pertama di Dunia

NOV 30, 2021@15:30 WIB | 950 Views

Blackpals tentunya sering melihat adanya pertukaran mesin selama bertahun-tahun mulai dari BMW M6 yang mendapatkan mesin putar besar hingga Volkswagen Golf R bertenaga Audi RS3. Salah satu pertukaran mesin yang lebih umum yaitu mesin 2JZ-GTE dari A80 Toyota Supra. Namun, Bagi Jonathan Proulx dari Kanada, memasang Subaru Impreza STI dengan 3.0 liter straight-six awalnya menyenangkan tetapi akhirnya menjadi sedikit basi. Obatnya? Sebuah 1GZ-FE V12 dari Toyota Century.

WRX STI yang dimaksud adalah model 2009 yang pertama di dunia AWD 2JZ dengan manual enam-kecepatan, dan yang memiliki kemampuan untuk beralih dari RWD ke AWD dengan "jentikan switch,", demikian yang dilaporkan GT Spirit .

Sekarang mobil tersebut telah dirobek 2JZ-nya sehingga V12 5.0 liter yang disedot secara alami dapat dipasang. Tentu, ini bukan peningkatan kinerja dari 2JZ dalam bentuk stok, jadi Proulx akan mengambil jalan motor besar di luar peringkat stoknya 308 tenaga kuda menjadi "minimal 1.000 hp". Untuk mencapainya, sepasang turbocharger G30-770 akan ditambahkan ke mesin besar, yang kini dilengkapi forged connecting rods, piston, dan valve springs. Juga disertakan injektor Bosch 1.000 cc, dengan sistem MaxxECU PRO Standalone yang mengatur semuanya.

Proulx memiliki beberapa sasaran kinerja yang ingin ia capai lebih dari sekadar peringkat tenaga kuda empat digit. Tujuannya adalah untuk dapat mempertahankan sistem pendingin udara dan menggunakannya sebagai pengemudi harian, tetapi dengan kemampuan yang cukup sehingga Scooby yang unik dapat berkendara ke strip, menetapkan waktu seperempat mil sembilan detik.

Kopling otomatis tujuh kecepatan dari BMW 335i E9X juga sedang dipasang, sehingga mencapai angka 9 dan berkendara pulang dengan nyaman seharusnya sangat mudah. [ibd/shf/timBX]

Tags :

#
subaru,
#
subaru impreza sti v12,
#
subaru impreza