MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah NM Concept, Speedster Single-Seater Berbasis Mazda MX-5

SEP 21, 2022@18:00 WIB | 183 Views

Perusahaan otomotif Italia yang baru didirikan bernama Gorgona Cars mencoba untuk membuat versi khusus restomod dari Mazda MX-5. Proyek restomod tersebut bernama NM Concept yang berbasis MX-5 generasi pertama yang telah diubah menjadi single-seater speedster.

NM Concept menampilkan sasis yang ditingkatkan dan powertrain SkyActiv-G modern yang bersumber dari MX-5 generasi keempat.

Gorgona Cars yang berbasis di Roma didirikan oleh seorang insinyur otomotif bernama David Galliano, dan jurnalis otomotif bernama Omar Abu-Eideh.

Mereka memiliki visi untuk meningkatkan MX-5 generasi pertama sambil mempertahankan desain dan filosofi awalnya. NM (Naked Monoposto) Concept telah diperlihatkan saat event khusus Mazda MX-5 yang diadakan di Modena Autodrome.

NM Concept menampilkan sejumlah modifikasi visual dan jantung mekanis. Dimulai dari eksterior, NM Concept memiliki desain bid "single-seater barchetta" yang terinspirasi oleh Mazda Miata M Speedster (NA) 1995, Miata Mono-Posto (NB) 2000, dan Mazda MX-5 Speedster (ND) 2015.

Kaca depan dan atap telah dicopot dan penutup sewarna bodi ditambahkan ke bagian kabin, sehingga hanya menyisakan kursi pengemudi yang terbuka.

Ada "punuk" aerodinamis di belakang sandaran kepala di dek belakang, dan spoiler terintegrasi di tailgate, mirip dengan yang ada pada konsep Mazda M2-1006 "CobraSter" 1992. Kap mesin, spakbor depan, dan pintu berbahan serat karbon dapat di-request oleh pembeli.

Di bagian interior, terdapat kursi balap tunggal RCC dengan sabuk pengaman empat titik, setir Momo, dan pelapis Alcantara. Tidak ada AC, sistem infotainment, ataupun sistem audio, karena mobil ini diperuntukan untuk menguji kecepatan, bukan kenyamanan. Kapasitas ruang pengemudi adalah 160 lt (5,7 kaki kubik) 

Di bawah kap mesin terdapat mesin SkyActiv-G 2.0 liter dari MX-5 ND modern yang menghasilkan 181 hp (133 kW/184 PS) dan torsi 205 Nm (151 lb-ft). Tenaga dikirim ke poros belakang melalui gearbox manual enam kecepatan dan diferensial belakang yang dapat mengunci sendiri.

Gorgona Cars belum megumumkan detail terkait performanya, tetapi dengan bobot yang hanya seberat 830 kg, diharapkan mobil ini lebih cepat dari Miata.

Gorgona Cars berniat untuk melakukan homologasi dan memproduksi sejumlah kecil unit NM Concept selama ada cukup permintaan. Perkiraan harga akan dimulai di sekitar 70.000 Euro (Rp 1,05 miliar) ditambah pajak. [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
nm concept,
#
mazda,
#
mazda mx-5,
#
gorgona cars,
#
konsep,
#
speedster