MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Motor Trail, Dual Sports, dan Adventure Terbaik Tahun 2020

JAN 06, 2021@10:00 WIB | 282 Views

Sejak lama, pecinta sepeda motor yang gemar berpetualang di medan off-road harus berinvestasi pada motor khusus untuk jalan tanah. Karena sepeda motor trail tidak legal di jalan raya, pengendara harus memiliki motor kedua untuk perjalanan sehari-hari di jalan umum.

Untungnya, pabrikan telah menghadirkan genre dual-sport yang terbuat dari sepeda motor trail legal jalanan yang dapat melintasi kota dan pegunungan.

Dual-sports adalah beberapa sepeda motor off-road paling kompeten yang siapapun beli saat ini. Motor ini membuat hidup lebih mudah bagi para petualang karena mereka tidak perlu berinvestasi untuk perjalanan kedua atau menanggung biaya transportasi motor off-road ke lokasi. Inilah 10 motor trail, dual sport, dan adventure terbaik di tahun 2020:

10.Kawasaki KLX230

KLX230 adalah tambahan terbaru pada jajaran dual-sport Kawasaki dan salah satu sepeda motor pemula terbaik yang dapat dibeli. Motor ini dirancang untuk pengendara yang membutuhkan performa off-road tetapi tidak menginginkan motor bergaya MX penuh. Dilengkapi dengan mesin SOHC air-cooled four-stroke 233cc yang dipasangkan dengan suspensi garpu teleskopik Showa 37mm yang tidak dapat disesuaikan dan shock Showa.

9.Yamaha WR250R

WR250R adalah sepeda motor dual-sport andalan Yamaha dan salah satu sepeda Jepang terbaik yang ingin dimiliki siapa pun. Seperti yang diharapkan siapa pun, WR250R cukup bertenaga berkat mesin DOHC air-cooled four-stroke 250cc yang dipasangkan dengan transmisi enam kecepatan. Mesin ini sangat luar biasa di trek tanah berkat suspensi garpu depan yang dapat disetel sepenuhnya, travel 10,6 inci, dan shock yang dipasang di linkage ke sasis andalan Yamaha. Implementasi inovatif Yamaha dari rangka semi-dobel cradle membuat WR250R serba bisa untuk pemula dan profesional.

8.KTM 500 EXC-F

500 EXC-F adalah sepeda motor dual sport andalan KTM, dan sepeda motor trail legal jalanan berkapasitas tertinggi yang dapat dibeli. Versi terbaru dari 500 EXC-F hadir dengan sejumlah pembaruan, termasuk suspensi yang direvisi dan kerangka yang lebih kaku untuk meningkatkan kinerja off-road-nya. Ini juga memiliki sasis yang dikerjakan ulang dan bodywork yang lebih ringan dan terlihat lebih baik dari pendahulunya. Dari segi mesin, KTM membuat beberapa penyesuaian untuk menghadirkan performanya ke level yang lebih dapat diterima. Mesin baru ini memiliki bentuk port yang berbeda, kepala silinder yang lebih pendek dan lebih ringan, piston kompresi yang lebih tinggi, penutup kopling yang diperkuat, katup yang lebih pendek, dan swingarm baru.

7.Husqvarna FE 501s

Saat membangun FE 501s, Husqvarna menginginkan motor yang dapat bersaing dengan KTM 500 EXC-F yang lebih populer, baik dalam penampilan maupun performa. FE 501s ternyata luar biasa dan hadir dengan kekuatan yang sama serta performa off-road yang luar biasa dengan KTM 500 EXC-F. Namun, FE 501s lebih bervariasi dari KTM 500 EXC-F dengan komponen khusus Husqvarna seperti kopling hidrolik Magura, swingarm berbeda, subframe komposit karbon, setang ProTaper, rem Magura, dan jok berbeda. FE 501s juga dilengkapi dengan suspensi belakang linkage dengan penyesuaian preload pada garpu untuk pengalaman off-road yang lebih baik.

6.KTM 790 Adventure R Rally

Sepanjang sejarah sepeda motor dual-sport, KTM telah menjadi yang tertinggi dan terus meningkatkan standar untuk motor off-road alternatif. Pabrikan telah menciptakan beberapa platform paling produktif, salah satunya adalah 790 Adventure R Rally.

KTM memuji 790 Adventure R Rally sebagai motor off-road paling mumpuni di jajaran produk tahun 2020, dan mudah untuk mengetahui alasannya. Motor ini hadir dengan peningkatan seperti mesin satu silinder baru yang lebih bertenaga, pengapian busi ganda, dan tunggangan dengan kabel.

5.Suzuki DR-Z400S

Diperkenalkan pada tahun 2000, Suzuki DR-Z400S adalah ikon dual-sport yang telah teruji waktu dengan semua kemampuan yang dibutuhkan untuk bersaing dengan yang terbaik. Meskipun DR-Z400S telah diproduksi selama dua dekade, tidak banyak yang berubah dalam arsitekturnya, yang berarti suspensi yang lebih tinggi, sasis yang dapat diandalkan, dan mesin cool-liquid 398cc masih termasuk yang terbaik di planet ini. Pendekatan minimalis Suzuki pada DR-Z400S memberikan angin segar, mengingatkan para penggemar bahwa model paling bersinar tidak selalu yang paling menyenangkan.

4.Honda CRF450L

Diperkenalkan pada model tahun 2019, CRF450L adalah motor dual-sport terbaru di jajaran Honda. Ini didasarkan pada sepeda motorcross CRF450R yang ikonik dan disebut-sebut sebagai salah satu motor paling lengkap di industri. CRF450L membanggakan penampilan luar biasa, arsitektur yang kokoh, dan sistem suspensi yang disempurnakan, menjadikannya platform yang dihargai di komunitas sepeda motor. Ground clearance 12,4 inci, sistem suspensi Showa yang dapat disetel sepenuhnya, dan 37 hp melambungkan CRF450L menjadi pusat perhatian sebagai salah satu motor paling mumpuni di jajaran Honda.

3.Moto Guzzi V85 TT Travel

Setelah mendapat banyak permintaan dari para penggemarnya, Moto Guzzi akhirnya memutuskan untuk menambahkan motor baru ke dalam keluarga V85 TT. Dijuluki Travel V85 TT, motor dual-sport baru ini dibangun dari kesuksesan motor V85 TT lama dan menawarkan pelengkap perlengkapan standar dan aksesori touring, termasuk kaca depan yang tinggi, pannier yang luas, lampu mengemudi LED, dan grip berpemanas. Di jantung V85 TT, travel adalah mesin air-cooled 853cc yang digerakkan oleh poros dengan output daya 80 tenaga kuda. Ini dikombinasikan dengan rangka baja tubular motor, menciptakan pengalaman berkendara sepeda motor yang ringan dan terhubung yang akan disukai.

2.Suzuki V-Strom 650XT Adventure

650XT Adventure adalah tambahan terbaru Suzuki pada keluarga V-Strom 650. Motor yang fantastis ini dibangun dari platform XT Suzuki, yang jauh lebih berkemampuan off-road daripada V-Strom 650 berkat ban tubelessnya yang berjeruji. 650XT Adventure hadir dengan mesin 645cc V-Twin yang disukai para penggemar. Performa off-road terbaik berkat sistem Advanced Traction Control Suzuki, Low RPM Assist, sistem Easy Start, dan gearbox enam kecepatan yang memberikan banyak torsi saat dibutuhkan. Pembeli dapat memilih aksesori tambahan seperti handguards, pannier aluminium 37 liter, batang aksesori, dudukan tengah, dan ekstensi cermin.

1.BMW F 850 GS Adventure

Grup BMW Motorrad terus mendorong batas teknik sepeda motor dengan F 850 GS Adventure terbaru. Motor ini dirancang untuk perjalanan jarak jauh dan medan yang berat tanpa ada batasan kebebasan berkendara sama sekali. Baik di aspal maupun off-road, setiap perjalanan di Adventure F 850 GS menyenangkan berkat berbagai perlengkapan standar yang disempurnakan seperti ABS Pro, BMW Motorrad Connected, layar TFT, port pengisian daya USB, dan DTC. Menggerakkan motor ini adalah mesin air-cooled 853cc dengan output tenaga yang mengesankan sebesar 90 tenaga kuda. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motor trail,
#
motor trail terbaik 2020,
#
motor trail terbaik,
#
motor dual sports,
#
motor adventure