MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Finalis World Car Of The Year 2024, Siapa Saja Itu?

FEB 28, 2024@15:00 WIB | 185 Views

Setiap tahunnya, World Car Awards menghadirkan acara tahunan World Car Of The Year yang berlangsung setiap awal tahun. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada berbagai kategori yang dihadirkan dan menghadirkan berbagai nominasi mobil yang beragam.

Dimulai dari kategori utama yaitu World Car Of The Year yang tahun ini semua nominatornya adalah mobil listrik. Mereka adalah Kia EV9, Volvo EX30, serta BYD Seal. Ketiga mobil ini sudah dipilih oleh pihak panelis dan menyeleksi berbagai mobil terbaru yang hadir selama setahun terakhir.

Yang menarik dari tiga nominator ini, BYD Seal menjadi mobil Tiongkok pertama yang masuk ke kategori bergengsi ini. Mobil listrik ini sejak awal kemunculannya sangat mencuri perhatian industri otomotif global. Tahun lalu, kategori World Car Of The Year dimenangi oleh Hyundai Ioniq 6.

World Car Awards juga menghadirkan tiga kategori lainnya yang juga diperlombakan. Dimulai dari kategori World Luxury Car of The Year yang berisi dua mobil Mercedes-Benz yaitu E Class dan EQS SUV serta BMW Seri 5 atau i5.

Lanjut ke kategori khusus mobil listrik World Electric Car Of The Year yang juga punya nominator yang tidak kalah berkelasnya. Tiga nominator yang bersaing di kategori ini yaitu BMW i5, Kia EV9, serta Volvo EX30.

Selanjutnya ada kategori World Urban Car Of The Year yang diisi oleh  Vovo EX30, Lexus LBX, dan BYD Dolphin. Lalu ada juga kategori World Performance Car Of The Year yang akan diperebutkan diantara dua BMW yaitu M2 dan XM, serta Hyundai Ioniq 5 N.

Dan yang terakhir adalah kategori World Car Design Of The Year yang juga berisi nominator jempolan. Tiga mobil yang bersaing di kategori ini yaitu Ford Bronco, Ferrari Purosangue, serta Toyota Prius.

Semua mobil yang masuk di setiap nominasi World Car Awards 2024 ini akan dinilai oleh 100 juri yang terdiri dari para jurnalis otomotif dari 29 negara berbeda. Pengumuman World Car Awards ini akan berlangsung pada 27 Maret mendatang dalam gelaran New York International Auto Show 2024. [edo/timBX]

Tags :

#
world car awards,
#
world car of the year,
#
nominasi,
#
mobil