MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Sketsa Perdana Ford GT40, Legenda Le Mans Berusia 57 Tahun

JUN 13, 2020@15:00 WIB | 178 Views

Ketika sedang menggali arsip lama Ford Performance menemukan sebuah dokumen sketsa yang diyakini adalah desain awal GT40. Sketsa ini digambar tanggal 11 Juni tahun 1963, tak lama setelah pabrikan Amerika ini mengumumkan kegagalannya mengakuisisi Ferrari.

Saat itu Enzo menarik keputusan sesaat sebelum kesepakatan terjadi, sehingga Ford terpaksa harus membuat mobil sport-nya sendiri dan lahirlah GT40. Untuk itu Ford membangun unit khusus bernama Performance and Special Models Operation Unit dengan misi utama mengembangkan mobil balap GT yang bisa berlaga di kompetisi balap besar seperti Sebring dan Le Mans.

Ford Performance lantas membagikan foto clay model pertama GT40 yang dirilis beberapa minggu setelah sketsa dibuat. Tim yang terlibat dalam proyek ini memiliki 10 bulan untuk bersiap menghadapi kompetisi balap 24 Hours of Le Mans tahun 1964 dengan tugas awal menurunkan tinggi mobil hingga jadi hanya 40 inci, yang menjadi nama dari mobil tersebut.

Sangat mempesona seperti desain awalnya, pebalap penguji dari McLaren mengalami kesulitan dalam mengendalikan mobil di kecepatan tinggi, maka Ford kembali memperbaiki aerodinamikanya untuk membuat mobil lebih stabil. Menambahkan spoiler belakang adalah salah satu bodywork yang ditambahkan. Sayangnya tahun itu sang legenda hanya bertahan selama 12 jam saja dari tiga mobil yang turun.

Kembali lagi di tahun 1965, Ford mulai menggunakan teknologi canggih untuk menghitung aerodinamika dan menambahkan wind tunnel untuk memperbaiki desain body serta mengoptimasi aliran udara. Alhasil 79 hp bisa bertambah saat itu, ditambah lagi dengan velg magnesium dengan tapak lebih lebar, serta mengganti bahan alumunium dan besi dengan fiberglass untuk memangkas bobotnya.

Total, pada tahun tersebut Ford membuat lebih dari 100 perubahan pada GT40 walau baru bisa menorah sejarah dengan mengalahkan Ferrari di tahun berikutnya. Saat itu GT40 bisa mencapai kecepatan maksimal 204 mph atau sekitar 328 kpj setelah sistem bahan bakar dan pengereman di-upgrade. [leo/timBX]

Tags :

#
legenda le mans,
#
sketsa ford gt40,
#
spesifikasi ford gt40