MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Inovasi Pemenang Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2019

NOV 28, 2019@09:22 WIB | 218 Views

Dua tim wirausaha muda Indonesia yaitu tim Jember Futura Energi dan tim Resikel berhasil terpilih sebagai juara “Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2019”, sebuah kompetisi global yang menganugerahkan penghargaan kepada beragam bisnis inovatif serta memberikan kesempatan kepada para wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya di tingkat global.  

Tim Jember Futura Energi, yang digawangi oleh enam wirausaha muda dari kota Banyuwangi berhasil mengembangkan inovasi berupa reaktor biogas  dengan biaya yang terjangkau bagi para peternak, yang dapat mengolah limbah peternakan menjadi energi dan pupuk organik yang dibutuhkan petani. Usaha dan kerja keras mereka dalam melahirkan karya inovatif serta solutif ini akhirnya berhasil memukau dewan juri dan mengantarkan mereka menjadi juara pertama kompetisi Shell LiveWIRE Top Innovators Awards 2019 untuk kategori energi dan mobilitas.

Pemenang kedua (runner up) kategori energi dan mobilitas diberikan kepada dua tim wirausahawan, yaitu tim Energiestro (Perancis) dan tim Resikel dari Indonesia.  Kemenangan tim Resikel diperoleh berkat inovasi mereka mengembangkan mesin pyrolizer untuk mengubah plastik menjadi bahan bakar minyak berkualitas di atas kerosin dengan konversi di atas 80%, serta incinerator yang telah dipatenkan untuk memusnahkan sampah yang sudah tidak dapat didaur ulang sehingga dapat diterapkan sistem pengelolaan zero waste.

Bisnis tim Jember Futura Energi berangkat dari kepedulian terhadap masalah pengelolaan limbah peternakan yang dialami para peternak sapi di kampung halaman Izza di Banyuwangi. Melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions, Jember Futura Energi mendapatkan dukungan kewirausahaan untuk mengembangkan produk reaktor biogas yang dapat mengolah limbah peternakan menjadi sumber energi yang mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Produk reaktor biogas ini tidak hanya mempermudah para peternak untuk mengolah limbahnya, namun di saat yang sama, menghasilkan energi setara 1 kg LPG dan pupuk cair sejumlah 150 liter per hari.

Ungkapan bahagia juga disampaikan oleh CEO Resikel, Luca Cada Lora (22 tahun), yang berhasil terpilih sebagai pemenang kedua.

Luca mengatakan, “Bisnis kami berangkat dari keprihatinan kami terhadap isu waste management (pengelolaan limbah) di Indonesia. Sebagai salah satu penghasil limbah terbesar di dunia, Indonesia belum dapat mengelola limbahnya dengan efisien. Untuk itu kami mengembangkan mesin pyrolizer dan thermal pressure hydrolysis yang mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat untuk mengelola limbahnya menjadi bahan bakar yang zero waste. Kami bahagia dan bangga dapat membawa nama harum Indonesia di kancah global.  Prestasi kami di Shell LiveWIRE Top Ten Innovators ini menjadi tonggak penting yang berharga dalam upaya kami berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih baik.”   

Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards dibagi dalam tiga kategori yaitu makanan dan pertanian (food & agriculture), energi dan mobilitas (energi & mobility), serta masa depan yang berkesinambungan (sustainable future).  Kompetisi ini menerapkan proses seleksi yang ketat sejak para peserta memasukan aplikasi melalui sistem online. Tahun ini, pendaftaran kompetisi secara online telah dimulai sejak 01 Mei hingga 31 Juli 2019, dan sebanyak 98 aplikasi berhasil masuk yang kemudian disaring menjadi 21 finalis –  yaitu tujuh aplikasi terbaik dari masing-masing kategori.  Kedua puluh satu finalis terpilih kemudian bersaing dalam sebuah voting publik melalui situs web LiveWIRE yang melibatkan lebih dari 18 ribu suara dari 144 negara.

Pemenang pertama dari setiap kategori menerima hadiah uang sebesar US$ 20.000, dan dua orang pemenang kedua dari masing-masing kategori mendapatkan hadiah US$ 10.000. Selain itu, para juri juga memilih pemenang Outstanding Achievement Award yang dianugrahi hadiah US$10.000. Kesepuluh pemenang juga mendapatkan paket penghargaan, diantaranya dukungan pendampingan seorang pakar dari pihak Shell, peluang mendapatkan keuntungan dari koneksi pasar dan kesempatan bergabung menjadi vendor Shell atau konsumen Shell.

Ajang Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Award merupakan cara kami untuk mendukung lebih banyak wirausaha muda inovatif yang berfokus pada pemanfaatan sampah dan limbah sehingga mendorong terwujudnya ekonomi sirkular untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Darwin.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
shell,
#
shell indonesia,
#
shell livewire top ten innovators awards 2019