MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini dia yang Ditunggu! Ford F-150 Raptor Diluncurkan Dengan EcoBoost V6

FEB 13, 2021@12:00 WIB | 413 Views

Kabar gembira buat penggemar mobil off-road, karena eRaptor R dengan V8 supercharged bakal segera diluncurkan tahun depan.

Sejak pendahulunya yakni all-new Ford F-150 diluncurkan tahun lalu, banyak penggemar yang tak sabar ingin melihat penampakan F-150 Raptor. Digembar-gemborkan memiliki performa tinggi dan bakal menjadi saingan berat Ram 1500 TRX, kendaraan ini banyak dinanti. Bahkan, ada banyak rumor yang beredar tentang spesifikasi Raptor baru, yang sebagian besar berkaitan dengan powerplant yang akan digunakan.

Salah satu rumor mengatakan bahwa EcoBoost V6 3,5 liter akan memberi daya pada Raptor baru – dan itu sudah dikonfirmasi oleh produsen. Meski begitu, alih-alih menggunakan mesin V8, belum diketahui akan menggunakan mesin apa? Banyak yang berharap Raptor menggunakan 450 tenaga kuda dan torsi 510 lb-ft – sayangnya ini belum dikonfirmasi oleh Ford.

Namun demikian, Ford memastikan Raptor R berkinerja tinggi akan diluncurkan tahun depan, dan ini adalah versi yang dapat menggunakan mesin V8 supercharged Shelby GT500.

Untuk saat ini, penggemar harus puas dengan V6 dengan perkiraan jangkauan EPA lebih dari 500 mil dan kapasitas penarik konvensional maksimum 8.200 pound.

Ford juga mengumumkan untuk mempertahankan kecepatan tinggi di medan yang kasar, dan F-150 Raptor memiliki suspensi belakang - yang menurut Ford menawarkan lebih banyak perjalanan roda daripada Raptor sebelumnya. Pengaturan suspensi belakang ini menawarkan lengan trailing yang lebih panjang dan pegas koil 24 inci. Selain itu, shock bypass internal FOX Live Valve baru memiliki redaman yang sensitive, dengan berbagai sensor yang secara otomatis menyesuaikan tingkat redaman 500 kali per detik di setiap sudut.

Untuk pertama kalinya Ford memberi Raptor baru dengan ukuran ban 35 atau 37 inci, dimana ini adalah ban terbesar yang dipasang. Dirancang oleh BF Goodrich, Raptor memiliki 13,1 inci jarak tempuh saat dilengkapi dengan ban 37 inci. Selain itu, ban ini menawarkan sudut berangkat 24,9 derajat, sudut pendekatan 33,1 derajat, dan sudut putus 24,4 derajat.

Sedangkan dengan karet 35 inci, F-150 memiliki sudut pendekatan / keberangkatan / breakover 31 / 23.9 / 22.7 derajat, bersama dengan jarak tempuh roda 25 persen lebih banyak daripada yang ditawarkan pada generasi pertama Raptor. Untuk menahan elemen paling keras, Raptor diberi rangka baja berkekuatan tinggi, sehingga lebih kokoh.

Untuk sistem pembuangan baru, ia menawarkan empat mode suara yakni tenang, normal, sport, dan baja. Kendaraan versi F-150 menawarkan banyak teknologi off-road untuk membuatnya seefektif mungkin di medan yang menantang.

Sistem kemudi memiliki tujuh mode yang dapat dipilih untuk Terrain Management System, yakni Slippery, Tow / Haul, Normal, Sport, Off-Road, Baja, dan Rock Crawl. Sistem Trail 1-Pedal memudahkan pengaktifan sistem pengereman saat pedal gas dilepas. Versi Raptor juga dilengkapi dengan sistem kamera 360 derajat opsional dan Trail Control standar (kontrol jelajah efektif untuk lingkungan off-road).

Untuk teknologi, tak diragukan lagi bahwa perpaduan antara mekanik tangguh Raptor baru dan teknologi off-road terbaru akan menjadikannya off-roader yang luar biasa. Sedangkan untuk desain, bukan sebuah kejutan lagi, karena untuk Raptor barunya, produsen Ford telah membagikan foto teaser beberapa hari yang lalu.

Jika mengamati teasernya, tampak elemen-elemen seperti kap mesin dome, dan gril yang digelapkan dengan huruf FORD. Raptor baru memiliki spatbor depan, dan karet yang lebih tebal memberikan kesan agresif, khususnya konfigurasi SuperCrew.

Melongok ke dalam kabin, Raptor mendapatkan keuntungan dari antarmuka infotainment SYNC 4. Sementara jok kursi diberikan bucket Recaro yang sporty. Seperti diungkapkan oleh Ford Performance, Ali Jammoul, Raptor baru ini adalah penampakan truk gurun yang asli.

Sayangnya belum ada bocoran mengenai harga, karena F-150 Raptor baru akan memasuki ruang pamer musim panas ini, sebelum kedatangan Raptor R. tahun depan. Jadi, harap bersabar ya? [ali/asl/timBX]

Tags :

#
ford f-150 raptor,
#
ford,
#
ecoboost v6,
#
mobil off-road