MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Dia Alasan Mengapai Pagani Huayra Harus Tampil Cantik dan Aeordinamis!

JUL 07, 2021@09:00 WIB | 105 Views

Dalam edisi terbaru seri video Pagani yang meliput pengembangan Huayra R, Horacio Pagani, pembuat hypercar tersebut, menjalankan desain mobil, yang membutuhkan banyak pemikiran. Karena Huayra R menghasilkan 838 hp (625 kW/850 PS) dan torsi 553 lb-ft (750 Nm) dari mesin V12 6.0 liter yang disedot secara alami, ia harus memiliki sedikit downforce untuk menjaga semua kekuatan itu tetap terkendali. Tapi Pagani tidak ingin membiarkan persyaratan udara menghalanginya untuk membuat mobil yang cantik.

“Saat Anda membuat mobil yang terinspirasi dari arena pacuan kuda di mana bagian teknis, downforce, dan dinamika kendaraan sangat penting, Anda mungkin cenderung mengabaikan masalah estetika dan berkonsentrasi pada fungsionalitas, yang terjadi pada sebagian besar mobil balap,” kata Pagani.

Itu tidak berlaku untuk semua mobil balap; Horacio secara terbuka mengakui bahwa Porsche 917 adalah inspirasi untuk mobil ini dan bahkan bagian sayap belakang pada dasarnya adalah copy-paste dari pembalap Le Mans tahun 70-an. Tapi sambil mengambil inspirasi dari trek balap dan membungkuk sesuai keinginan angin, Huayra R juga harus terlihat bagus.

“Itu berarti melakukan hal-hal seperti menambahkan sirip ke bagian atas saluran masuk udara. Sirip bekerja secara aerodinamis, tetapi juga terlihat bagus,” kata Pagani. Lalu ada area di mana kokpit bertemu dengan mobil. Pagani mengatakan bahwa sebelum ditambahkan ke mobil, dia merasa ada sesuatu yang hilang. Solusinya adalah bagian berukir kecil yang akan memisahkan kokpit dari bodi, sehingga terlihat berada di atas mobil. Dia mengatakan bahwa ini adalah iterasi terbaru dari ide yang telah dia mainkan selama 50 tahun sekarang.

“Saya sama sekali tidak tahu apakah itu akan berguna dari sudut pandang aerodinamis, tetapi saya tidak terlalu khawatir tentang itu karena saya pikir itu adalah cara yang sangat orisinal untuk memisahkan kokpit lebih jauh,” imbuhnya.  Pada akhirnya, Pagani mengatakan bahwa dia senang Huayra R seimbang dan terasa seperti milik keluarga pembuat supercar. [ibd/timBX]

Tags :

#
pagani huayra,
#
pagani,
#
huayra,
#
aerodinamis