MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Cara Kerja Mesin Turbo BMW V8 Hybrid Untuk Balap LMDh

JUL 18, 2022@18:30 WIB | 99 Views

Ingin melanjutkan tradisi kompetisi tingkat tinggi dalam olahraga motor, divisi M BMW akan memasuki fase pengujian baru. Pada intinya, ujicoba ini akan mendorong batas mesin V8 hybrid baru yang dikembangkan khusus untuk kelas IMSA GTP. Produsen mobil Jerman itu baru saja merilis sejumlah detail penting tentang cara kerja powertrain ini dan dari mana asalnya.

Untuk musim 2023 Weathertech SportsCar Championship, BMW perlu membangun sistem penggerak hibrida LMDh yang sesuai. Sebelumnya BMW sudah memiliki V8 turbocharged dijuluki P63, yang digunakannya untuk M8 GTE tetapi setelah dipertimbangkan, motor itu terbukti lebih berat daripada yang ditargetkan BMW.

Di ujung lain spektrum, mesin empat silinder P48 dari M4 DTM juga dipertimbangkan, tetapi mungkin memiliki masalah daya tahan yang serius. Sebagai gantinya, BMW mendapat inspirasi dari M4 DTM lama yang digunakan pada tahun 2017 dan 2018. Mobil itu menggunakan V8 yang disedot secara alami, yang secara internal disebut P66/1. Setelah beberapa modifikasi serius, mesin baru lahir dengan nama kode P66/3,

Modifikasi itu dimulai dengan apa yang disebut BMW sebagai P66/2 dan termasuk penambahan turbocharger bersama dengan penggerak engkol yang dimodifikasi. Setelah memastikan bahwa mesin baru dapat meningkatkan kinerja dengan tetap menjaga suhu yang stabil, BMW beralih ke elektrifikasi yang menghasilkan P66/3.

Proses itu tidak sesederhana kata-kata. Ulrich Schulz, kepala desain drivetrain di BMW M Motorsport, memuji tim dengan mengatakan "mengubah mesin P66/1 yang biasanya disedot menjadi bi-turbo dan kemudian bekerja dengan drivetrain listrik untuk mengubahnya menjadi sistem penggerak hybrid sangatlah kompleks."

"Berkat keahlian, kolaborasi yang hebat, dan motivasi tingkat tinggi dari semua departemen, kami berhasil menyelesaikan peluncuran unit penggerak lengkap hanya beberapa minggu yang lalu. Kami sekarang merasa tidak ada yang menghalangi pengujian," tukasnya.

Mesin V8 4.0 liter turbocharged baru ini menambahkan elektrifikasinya melalui penggerak listrik tambahan dan sebagai paket menghasilkan 640 hp (477 kW) dan torsi 479 lb-ft (650 Nm). Setelah menyalakannya untuk pertama kalinya hanya beberapa minggu yang lalu, mesin siap untuk pengujian kecepatan penuh skala penuh di mobil sungguhan dalam trek balap. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw v8 hybrid,
#
bmw v8,
#
lmdh,
#
bmw,
#
le mans