MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenalan Sama Aspark SP600, EV Tercepat di Dunia Saat Ini

JUN 13, 2024@16:19 WIB | 148 Views

“Rekor diciptakan untuk dipecahkan”. Pepatah tersebut sangat tepat disandingkan dengan pencapaian yang diperoleh hypercar listrik Aspark, SP600 saat ini. Pasalnya, mobil ini berhasil menjadi EV tercepat di dunia setelah melampaui rekor sebelumnya yang dibuat Rimac Nevera.

Hypercar yang masih dalam bentuk purwarupa tersebut berhasil mencatatkan kecepatan 272,59 mph (438,7 km/jam) di Automotive Testing Papenburg, sebuah fasilitas khusus di Jerman. Raihan angka kecepatan tersebut sukses memecahkan rekor catatan milik Rimac Nevera (258 mph) dan Pininfarina Battista (222 mph).

Untuk mendapatkan memecahkan rekor pada 8 Juni kemarin, perusahaan memerlukan dua kali putaran. Pada percobaan pertama SP600 mencapai angka 261,4 mph dan 267,19 mph sebelum akhirnya di putaran kedua bisa mencapai 272, 59 yang diukur dengan Racelogic V-Box bersertifikat.

Untuk mencapai prestasi luar biasa ini, Aspark bekerja sama dengan Manifattura Automobili Torino (MAT) untuk membantu membangun mobil yang mampu memecahkan rekor tersebut. MAT mengawasi pengembangan dan pembuatan SP600 serta saat menjalani serangkaian evaluasi (baik virtual maupun fisik), termasuk tugas di terowongan angin dan pengujian lintasan. 

MAT bertanggung jawab atas segalanya, mulai dari sasis dan desain suspensi hingga powertrain, integrasi perangkat lunak, dan bahkan produksi baterai.

MAT juga meminta bantuan Bridgestone untuk bisa mengembangkan ban khusus yang sangat sesuai dengan dinamika dan berat SP600 serta mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Bridgestone menanggapinya dengan ban Potenza Race yang dibuat khusus, yang akhirnya bisa membantu hypercar listrik tersebut dalam memecahkan rekor.

Hasil sensasional Aspark dengan SP600 juga tidak terlepas dari peran orang di belakang kemudinya. Ada sosok raja kecepatan EV yang baru yakni Marc Basseng, pembalap Jerman berusia 45 tahun. Salah satu prestasinya ialah mencetak rekor putaran Nürburgring pada tahun 2010 dengan Pagani Zonda R, melewati garis finis dalam waktu 6 menit dan 47 detik.

Aspark sebenarnya tidak asing dengan pemecahan rekor. Tahun lalu, model Owl mencetak dua rekor kecepatan rata-rata sepanjang seperempat mil (198,12 mph) dan seperdelapan mil (192,02 mph). Pabrikan juga mengatakan Owl adalah kendaraan listrik dengan akselerasi tercepat di dunia, dengan klaim waktu 0-60 mph dalam 1,72 detik dan ini sedikit lebih cepat daripada Nevera (1,74 detik).[wic/timBX].

Tags :

#
aspark sp600,
#
hypercar aspark sp600,
#
rimac nevera,
#
ev tercepat di dunia,
#
sp600,
#
purwarupa sp600

X