MENU
icon label
image label
blacklogo

Tampang 11-12, Begini Komparasi Desain dan Fitur Hyundai Stargazer VS Mitsubishi Xpander

AUG 02, 2022@15:00 WIB | 765 Views

PT. Hyundai Motors Indonesia baru saja meluncurkan MPV 7 kursi, Hyundai Stargazer. MPV teranyar dari pabrikan asal Korea Selatan ini bakal menghadapi persaingan ketat dengan MPV dari pabrikan yang lebih dulu terjun di segmen ini, seperti Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander.

Stargazer sendiri digadang-gadang akan menjadi pesaing terdekat MPV keluaran pabrikan berlambang tiga berlian, Mitsubishi Xpander. Kedua MPV 7 kursi ini punya desain interior yang hampir identik satu sama lain. Varian tertinggi dari kedua MPV ini, Stargazer Prime IVT dan Xpander Ultimate CVT sama-sama dibanderol di kisaran harga Rp300 juta.

Berstatus sebagai veteran di segmen ini, Mitsubishi Xpander punya modal kuat untuk menjadi yang terbaik di segmen MPV 7 kursi. Di sisi lain, Hyundai Stargazer sebagai anak baru juga tidak akan mengalah begitu saja dengan seniornya.

Penasaran bagaimana head-to-head dari kedua MPV 7 kursi ini? Berikut ini komparasi antara Hyundai Stargazer Prime IVT dan Mitsubishi Xpander Ultimate CVT:

1. Eksterior

Kedua MPV ini punya desain yang cenderung sama, terutama di bagian lekukan bodi samping. Perbedaan utama dari Hyundai Stargazer Prime IVT dan Mitsubishi Xpander Ultimate CVT terdapat di bagian lampu depan.

Stargazer punya desain lampu depan horizontal yang dikatakan mengambil inspirasi dari garis khatulistiwa yang membelah Indonesia. Sedangkan Xpander punya desain lampu depan menjorok ke dalam yang dipisahkan oleh grille warna hitam.

Di bagian belakang, Stargazer memiliki desain lampu berbentuk huruf "H" yang menjadi ciri khas mobil keluaran Hyundai, sedangkan Xpander punya lampu belakang berbentuk sudut siku-siku yang berdesain modern.

Urusan dimensi, Stargazer menjadi yang paling lebar di antara kedua MPV ini dengan lebar 1.780 mm, 30 mm lebih lebar dari Xpander. Walau demikian, Xpander berukuran lebih panjang sekaligus lebih tinggi daripada Stargazer, dengan masing-masing berukuran 4.595 mm dan 1.750 mm, 135 mm lebih panjang dan 50 mm lebih tinggi daripada MPV buatan Hyundai.

Mengenai ground clearance, Hyundai belum memberitahukan rincian dari ground clearance Stargazer. Namun jika dilihat lagi, Stargazer sepertinya punya ground clearance yang lebih pendek daripada Xpander, karena Stargazer menggunakan velg 16 inci, sedangkan Xpander menggunakan velg 17 inci. Xpander sendiri punya ground clearance 225 mm.

2. Interior

Di bagian dalam, kedua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup ketara. Hyundai Stargazer menawarkan opsi captain seat yang dapat ditebus dengan harga Rp1 juta. Opsi captain seat ini memberikan tampilan yang elegan di kabin Stargazer. Selain itu, baris kedua Stargazer juga dilengkapi dengan meja lipat yang semakin meningkatkan kenyamanan penumpang.

Jok dari Stargazer pun juga sudah dilapisi dengan bahan kulit. Di sisi lain, Xpander masih menggunakan jok berbahan kain sehingga butuh tenaga ekstra untuk membersihkan kotoran yang jatuh di jok.

Dasbor Stargazer pun juga terlihat lebih futuristik daripada Xpander. Head unit pada Stargazer juga sudah menyatu dengan panel instrumen. Yang uniknya, kedua MPV ini sudah dilengkapi dengan layar TFT 8 inci di dasbor.

Walaupun di sisi interior Stargazer punya banyak kelebihan, Xpander masih unggul di sisi luas kabin berkat dimensi yang lebih panjang dan tinggi dibandingkan Stargazer. Jika kursi belakang dilipat, Xpander punya kapasitas bagasi 495 liter, dua kali lipat lebih banyak dari Stargazer yang hanya punya kapasitas bagasi 200 liter.

3. Fitur

Soal fitur, Hyundai Stargazer punya fitur Hyundai Sense dan BlueLink yang lebih modern dibandingkan dengan Xpander. Fitur Hyundai Sense sendiri diklaim mampu secara aktif mencegah kecelakaan berkat sistem seperti Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), dan Blind-Spot Collision Warning (BCW) sekaligus Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA).

Memang, Mitsubishi Xpander tidak punya fitur canggih seperti Hyundai Sense dan BlueLink, namun MPV andalan Mitsubishi ini punya fitur Electric Parking Brake yang tidak dimiliki oleh Stargazer. Selain itu, Xpander juga sudah dibekali dengan fitur-fitur penunjang keselamatan standar seperti ABS+EBD with BA, Active Stability Control, dan Hill Start Assist. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
hyundai stargazer,
#
mitsubishi xpander,
#
mitsubishi,
#
hyundai,
#
mpv,
#
komparasi