MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Santa Cruz 2022: Biaya, Fakta, dan Performa

MAY 08, 2021@17:00 WIB | 620 Views

Mengulang kembali pada tahun 2015 di Detroit Auto Show, Hyundai merilis konsep yang sangat keren. Sebuah pickup berbasis mobil yang tampak modern, konsep bernama Santa Cruz menonjol sebagai kendaraan petualangan yang unik tetapi gagal selama bertahun-tahun dengan rumor produksi yang bermunculan begitu sering. Akhirnya, setelah 6 tahun menunggu, rumor berubah menjadi kenyataan, dan Santa Cruz dijadwalkan untuk mulai dijual musim panas sebagai kendaraan utilitas petualangan dan model 2022, terlihat sama kerennya dengan konsep aslinya.

Desain berbasis mobil unibody, mereka mencari pickup body-on-frame pekerja keras tradisional tidak akan menganggap Santa Cruz begitu menarik, tetapi bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih mirip mobil dengan tempat tidur terbuka yang praktis. Santa Cruz adalah proposisi yang bagus menjadi pikap kompak dengan asal-usul SUV, tidak terlalu unik dalam jangka panjang, karena sejalan dengan Honda Ridgeline. Melihat lebih jauh ke belakang, kelas ute ini telah ada sejak lama, tetapi selalu ada di pinggir lapangan.

Chevy El Camino dan Ford Ranchero klasik mengatur pemandangan di Amerika Utara hingga tahun 80-an, sementara model seperti Subaru Baja yang naas dan Chevy Avalanche yang unik namun kokoh membawa obor ke abad ke-21, menawarkan truk yang lebih halus dan nyaman pengalaman.

Sekarang, Santa Cruz tidak hanya menandai halaman lain dalam sejarah utes Amerika, dengan pembangunannya dilakukan di Alabama, tetapi juga bab lain dalam jajaran modern Hyundai yang secara konsisten meningkatkan.

Performa Hyundai Santa Cruz 2022

Santa Cruz bukanlah desain yang sepenuhnya baru, tetapi berdasarkan pada mobil Hyundai yang sudah ada. Menggunakan Tucson 2022 sebagai basis, Santa Cruz mengendarai platform yang sama, membawa banyak aspek Tucson seperti interior, serta mesin dasarnya. Kehadirannya sebagai pilihan mesin dasar, 2.5 L GDI MPI Inline-4 memberi tenaga pada Santa Cruz dengan 190 hp dan torsi 180 lb-ft, dan hanya dipasangkan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan konvensional. Berbeda dengan Tucson, Santa Cruz menawarkan versi upgrade yang cukup manis dari mesin itu, mengemas turbocharger yang menghasilkan tenaga 275 hp dan torsi 310 lb-ft. Perbedaan lebih lanjut, pembeli mesin turbo akan mendapatkan kopling ganda 8-percepatan otomatis dengan paddle shifter, bukan mobil konvensional.

Kedua pilihan mesin datang standar dalam tata letak FWD tetapi dapat secara opsional dikawinkan dengan sistem AWD HTRAC Hyundai jika tenaga 4 roda yang diinginkan. Memanfaatkan diferensial pusat penguncian, sistem ini dapat membagi daya 50/50 depan dan belakang untuk keluar dari situasi cengkeraman rendah yang rumit. Meskipun angka berat dan kinerja keseluruhan belum resmi, MotorTrend memperkirakan bahwa Santa Cruz akan memiliki berat 4.200 lbs, dan menghasilkan waktu 0-60 mph dalam 7,0 detik dalam bentuk turbocharged.

Penampilan Modern, Penanganan Beradab

Model yang ditawarkan dalam gaya bodi pikap 4 pintu, Santa Cruz mengusung beberapa elemen gaya serupa dibandingkan dengan Tucson 2022. Ini bukan hanya elemen bawaan, karena keunikan Santa Cruz melibatkan lebih dari sekadar tempat tidur pikap. Menghaluskan garis aksen tajam dari Tucson di seluruh tubuh, Santa Cruz memiliki beberapa flare spatbor yang gemuk namun halus untuk menambah perbedaan. Poin gaya yang lebih berbeda termasuk kelongsong bodi bawah, bumper agresif, dan lampu kabut besar, serta beberapa pilar C yang keren dan tampak futuristik di antara banyak sentuhan lainnya. 

Membawa gaya Tucson dalam hal gril dan lampu, lampu depan tiga susun yang terintegrasi terlihat manis dan terlihat bagus di masa lalu, dan grilnya sendiri memiliki desain futuristik namun modern yang serupa. Stok roda tampak hebat dengan desain Jeep / Subaru-spoked tebal spoked dan datang baik 18 "atau 20" dengan ban Michelin Primacy semua musim.

Hal utama yang membedakan Santa Cruz dari truk biasa adalah kemudahan berkendara di kota. Didesain dengan bodi yang relatif pendek untuk truk 4 pintu, Santa Cruz lebih kecil daripada pesaing terdekatnya, dengan panjang keseluruhan 14 "lebih pendek dari yang dibidik Honda Ridgeline. Dengan jarak sumbu roda 118,3", Santa Cruz berukuran 9,8 inci. "Namun, lebih panjang dari Tucson 2022, tetapi sebagai SUV kompak, ini masih menempatkan Santa Cruz di sisi pasar yang lebih kecil. 

Satu keuntungan dari pasar truk, desain unibody memberi Santa Cruz suspensi independen serba guna, dengan penyangga. dan kumparan di depan, dan multilink di belakang. Lebih baik lagi, suspensi belakang terdiri dari guncangan perataan otomatis standar untuk mengimbangi beban kargo di tempat tidur. Namun, tidak ada uji coba nyata yang dilakukan untuk Santa Cruz, tetapi hanya bisa asumsikan itu akan memiliki nuansa jalan yang mirip dengan 2022 Tucson. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
hyundai santa cruz 2022,
#
hyundai,
#
hyundai santa cruz,
#
detroit auto show,
#
santa cruz