MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Recall 54 Unit Nexo, Karena Adanya Kebocoran Hidrogen

APR 19, 2022@11:20 WIB | 111 Views

Hyundai Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) menarik kembali (recall) 54 unit crossover bertenaga fuel cell (sel bahan bakar) hidrogen, Hyundai Nexo 2019, karena adanya kemungkinan kebocoran hidrogen yang dapat menyebabkan kebakaran. Kendaraan yang ditarik ini memiliki tanggal produksi mulai 10 Agustus 2018 hingga 17 Desember 2018.

Menurut file dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), filter wadah Nexo dapat terlepas segera setelah diisi dengan hidrogen, hal ini menyebabkan saluran masuk pengisian bahan bakar tidak tertutup dengan benar.

Jika ini terjadi, dampaknya bahan bakar bisa bocor, dan jika ada sumber api, bisa terjadi kebakaran. Pihak Hyundai mengatakan bahwa penyebab masalah ini adalah: "Pemasok menggunakan filter berikat epoksi prototipe sebagai pengganti filter las laser asli yang telah ditentukan pada desain."

Keputusan ini berawal pada 16 Maret 2022, ketika pihak Hyundai Motor Company memberitahu divisi Amerika Utara bahwa sebuah Hyundai Nexo 2019 terbakar di Korea Selatan setelah mengisi bahan bakar di stasiun hidrogen. Pihak perusahaan menyelidiki insiden tersebut dan menemukan bahwa bahan dari saluran masuk bahan bakar terlepas dan membiarkan hidrogen bocor keluar.

Pemiliknya mendengar suara tidak normal dan membuka katup pengisi bahan bakar untuk menyelidiki. Hasil penyelidikan menduga bahwa listrik statis dari tangan orang tersebut tersalurkan ke tutup bahan bakar dan memicu kebocoran hidrogen, hal inilah yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Untungnya stasiun pengisian bahan bakar memiliki sistem pencegah kebakaran yang dapat memadamkan api dalam hitungan detik, menurut kronologi yang disampaikan Hyundai. Penyelidikan menemukan kendaraan ini tidak memiliki filter saluran masuk bahan bakar yang dilas dengan laser.

Pihak Hyundai percaya, kasus yang terjadi di Korea Selatan adalah satu-satunya insiden kebakaran Hyundai Nexo yang berasal dari cacat produksi ini. Hyundai Nexo tersedia secara eksklusif di California di AS, karena itulah satu-satunya negara bagian di AS yang memiliki cukup stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang tersedia untuk umum sehingga layak ditawarkan kepada pembeli.

Sepanjang tahun 2021, Hyundai telah mengirimkan 430 unit kepada pelanggan, naik 107 persen dari 208 unit model pada tahun 2020 lalu. Pada kuartal pertama (Q1) tahun 2022, volumenya adalah 166 unit, yang merupakan pertumbuhan 116 persen dari 78 mobil pada Q1 2021.

Hyundai menawarkan insentif yang cukup besar untuk pembeli Nexo di Negeri Paman Sam pada tahun 2021. Varian tertinggi tersedia dengan diskon hingga 20.000 dolar AS (Rp 287,3 juta) dan ada fasilitas kredit dengan bunga 0 persen selama 72 bulan. [ibd/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
hyundai,
#
hyundai nexo,
#
crossover