MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Kian Serius Bangun ‘Walking Car’ Berkaki Empat

FEB 10, 2021@15:30 WIB | 257 Views

Hyundai yang belum lama ini mengakuisisi saham di perusahaan pembuat robot Boston Dynamics, meluncurkan versi terbaru konsep “walking car/mobil berjalan” berkaki empat yang pertama kali diluncurkan tahun 2019 silam.

TIGER, itulah nama yang diberikan Hyundai yang merupakan singkatan dari "Transforming Intelligent Ground Excursion Robot". Ini kendaraan kedua yang keluar dari studio Ultimate Mobility Vehicle pembuat mobil di Silicon Valley, dan yang pertama dirancang untuk sepenuhnya otonom, tanpa ruang untuk pengemudi atau penumpang.

Hyundai sebenarnya menganggap kendaraan berkaki empat tersebut berpotensi menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Kendaraan ini dirancang khusus untuk mengakses lokasi terpencil untuk misi yang berkaitan dengan eksplorasi ilmiah, atau untuk mengirimkan makanan atau persediaan medis selama bencana alam atau keadaan darurat lainnya.

Lantas bagaimana cara kerja TIGER berkaki empat yang masing-masing dilengkapi serangkaian sendi dan memungkinkan dapat meniru cara berjalan mamalia dan reptil? Hyundai menjelaskan bahwa, berdasarkan arsitektur platform modular, fitur-fiturnya termasuk sistem gerak kaki dan roda yang canggih, kontrol arah 360 derajat, dan berbagai sensor untuk observasi jarak jauh.

“ Ini juga dimaksudkan untuk terhubung ke kendaraan udara tak berawak (UAV), yang dapat mengisi penuh dan mengirimkan TIGER ke lokasi yang tidak dapat diakses. Dengan kaki ditarik, TIGER mengemudi seperti kendaraan all-wheel drive dan berada dalam moda paling efisien karena bergerak dengan traksi bergulir. Tetapi ketika kendaraan macet atau perlu melewati medan yang sulit atau tidak dapat dilalui hanya dengan roda, ia menggunakan kemampuan berjalannya untuk melepaskan diri atau lebih mudah melewati medan itu.”

Hyundai menguraikan lebih lanjut, teknologi yang mendukung kendaraan ini dapat membuatnya matang untuk misi antarplanet. Mobil berjalan dapat melintasi medan yang tidak rata, memanjat dinding, melangkahi celah, dan melebarkan kakinya ke lebar lintasan selebar 15 kaki - sambil menjaga kabin utama (dan kargo). Saat tidak berada di lapangan, kaki kendaraan disimpan di bawah dan dapat dikendarai seperti kendaraan off-road pada umumnya.

Hanya saja, hingga kini si TIGER ini baru bukti konsep, dan tidak ada jaminan bahwa Hyundai akan memproduksinya. Meski begitu, pembuat mobil Korea Selatan itu mengharapkan “kelas kendaraan baru ini tumbuh pesat selama beberapa tahun mendatang,” dan juga mengerjakan mobil konsep UMV lainnya untuk kasus penggunaan lain, kata seorang juru bicara.

Konsep berkaki empat pertama, yang disebut Elevate, dirancang untuk mengangkut penumpang, sementara TIGER dimaksudkan untuk dapat dibuka sepenuhnya - tanpa pengemudi dan tanpa penumpang. Dan meskipun mereka mungkin berbagi beberapa karakteristik dengan anjing robot Boston Dynamics, Spot, tidak ada konsep yang dirancang dengan masukan apa pun dari perusahaan robotika yang baru-baru ini diperoleh Hyundai. [asl/timBX]

Tags :

#
hyundai,
#
walking car,
#
mobil berkaki empat,
#
boston dynamics