MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Recall Kembali 750 Ribu Mobilnya, Ternyata Ini Penyebabnya!

FEB 07, 2024@19:30 WIB | 162 Views

Meskipun airbag / kantung udara merupakan perlengkapan keselamatan yang sangat penting, ada kondisi tertentu yang seharusnya tidak boleh mengembang bahkan saat terjadi kecelakaan, misalnya saat ada anak kecil duduk di kursi depan. Kendaraan modern bergantung pada sensor untuk menentukan kapan airbag harus mengembang atau tidak, dan sensor tersebut bergantung pada papan sirkuit. Itu adalah bagian-bagian spesifik yang menjadi inti dari penarikan kembali Honda yang berdampak pada 750.144 kendaraan ini.

Dikatakan bahwa perusahaan pemasok yang membuat papan sirkuit terkena bencana alam yang mempengaruhi produksi. Akibatnya, pembuat papan sirkuit beralih ke perusahaan lain untuk membuat bahan dasar komponen tersebut.

Sayangnya, materi tersebut tidak diverifikasi secara memadai, dan itu menjadi masalah. Honda mengatakan bahwa papan sirkuit dapat mengalami tekanan tambahan, yang dapat menyebabkan kapasitor retak, menyebabkan korsleting internal dan pada akhirnya, kemungkinan pelepasan airbag yang salah.

Kabar baiknya adalah pelanggan mungkin diperingatkan akan adanya masalah pada airbag berkat lampu peringatan SRS. Selain itu, indikator airbag penumpang bisa tetap mati padahal seharusnya menyala. Tanda-tanda peringatan dini tersebut mungkin menjelaskan mengapa Honda mengetahui 3.834 klaim garansi terkait masalah ini, namun sejauh ini mereka belum menerima laporan adanya cedera atau kematian akibat masalah tersebut.

Secara keseluruhan, papan sirkuit yang dipertanyakan tersebut telah digunakan dalam total 16 model berbeda dari model tahun 2020 hingga 2022. Baik kendaraan Honda maupun Acura masuk dalam list sebagai bagian dari penarikan ini.

Produsen mobil berencana untuk mulai menghubungi pemilik pada 18 Maret, dan mereka akan diminta mengembalikan kendaraannya ke dealer resmi. Di sana, teknisi akan mengganti sensor bobot jok dengan bagian yang tidak rusak yang menggunakan papan sirkuit cetak yang dibuat dengan bahan yang awalnya telah diverifikasi Honda. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda,
#
recall