MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda CR-V Hadir di Eropa dengan Spesifikasi yang Nyaris Sama Seperti di Indonesia

JUL 19, 2018@08:30 WIB | 226 Views

 (Honda CR-V generasi kelima)

Honda CR-V generasi kelima sudah hadir di Indonesia pada akhir kuartal pertama 2017 silam. Setahun lebih setelah peluncurannya, akhirnya Medium SUV kebanggaan Honda ini dipasarkan di Eropa.

Meski terdapat banyak perbedaan selera konsumen di Indonesia dan Eropa, namun pada nyatanya, All New Honda CR-V yang dijual di Eropa memiliki spesifikasi yang nyaris sama seperti yang ada di Indonesia.

 (Interior Honda CR-V)

Jika Honda masih memberikan pilihan mesin berkapasitas 2.0L naturally aspirated untuk konsumen di Indonesia, maka opsi tersebut tak bisa didapatkan di pasar Eropa. Sebab, Honda hanya menawarkan pilihan mesin 1.5L VTEC turbo untuk konsumen di Eropa.

Mesin tersebut dipecah lagi menjadi dua pilihan. Yang pertama memiliki tenaga sebesar 171 dk dengan torsi 220 Nm, yang mana figur ini sama persis dengan Honda Civic turbo yang ada di Indonesia.

 (Mesin Honda CR-V di Eropa sama dengan yang dipakai di Indonesia)

Pilihan kedua mampu menghasilkan tenaga sebesar 190 dk dan torsi 243 Nm. Melihat angkanya, besarnya tenaga CR-V di Eropa memang identik dengan yang ada di Indonesia. Namun torsi CR-V di Eropa lebih besar 3 Nm dari yang ada di tanah air.

Soal daya angkut penumpang juga tak berbeda, sama-sama mampu mengangkut maksimal tujuh orang karena mengusung konfigurasi tiga baris bangku. Tapi, dua varian CR-V di Eropa akan memiliki warna kabin yang berbeda yaitu hitam dan krem.

 (Honda CR-V di Eropa juga berkonfigurasi tiga baris bangku)

Kesamaan lain antara CR-V di Indonesia adalah pada transmisinya yang sama-sama menggunakan CVT. Namun, konsumen di Eropa mendapat lebih karena Honda memberikan opsi transmisi manual enam percepatan.

Bukan hanya transmisi, konsumen di Eropa juga punya opsi varian penggerak semua roda (AWD). Jelas beda dengan di Indonesia yang hanya ditawarkan dalam pilihan penggerak roda depan.

 (Ada varian penggerak semua roda untuk CR-V di Eropa)

Untuk varian atasnya, Honda CR-V di Eropa akan dibekali dengan beberapa fitur keselamatan seperti Collision Mitigation Braking System, Forward Collision Warning, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist System and Adaptive Cruise Control.

Ke depannya, Honda akan menghadirkan CR-V hybrid untuk konsumennya di Eropa. Honda CR-V hybrid nantinya akan dibekali dengan dua buah motor listrik, dan mesin yang digunakan adalah yang berkapasitas 2.0L i-VTEC. [APSG/timBX]

Tags :

#
honda,
#
honda cr-v,
#
suv,
#
medium suv,
#
auto news