MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Civic Type R Limited Edition Pecahkan Rekor Lap FWD di Australia

FEB 11, 2022@19:00 WIB | 252 Views

Sementara kita semakin dekat dengan debut all-new Honda Civic Type R, generasi sebelumnya telah membuktikan kemampuannya sekali lagi dengan mencetak rekor putaran untuk mobil produksi penggerak roda depan di The Bend Motorsport Park di Australia. Sebuah Honda Civic Type R Limited Edition dengan pengemudi TCR Tony D'Alberto di belakang kemudi mencatatkan waktu 2:12,260, memangkas lebih dari dua detik dari rekor sebelumnya.

Pemecah rekor dimulai dengan Tipe R biasa, yang berhasil melewati trek sepanjang 4,95 km (3,07 mil) di 2.13.251, mengalahkan rekor 2.14.316 sebelumnya yang dipegang sejak 2019. Kemudian, pembalap yang sama melompat ke Type R Limited Edition yang merupakan varian Civic yang lebih ringan dan paling fokus pada trek yang dijual, memecahkan rekor lagi dengan waktu putaran 2:12,260.

Tony D'Alberto adalah mantan juara Super2 dan Australian GT Endurance dan saat ini membalap untuk Honda di TCR Australia Series. Setelah mencetak dua rekor dalam sehari, dia berkata: Civic Type R standar sangat seimbang dan sangat menyenangkan untuk dikendarai di trek, sedangkan Type R Limited Edition menawarkan lebih banyak grip dan kecepatan.

"Jika kondisinya lebih dingin, saya yakin kami dapat menemukan beberapa persepuluh detik lagi dan bahkan mencapai waktu dalam braket 2 menit 11 detik," ungkap D'Alberto. Dia juga menambahkan bahwa dia tidak sabar untuk melihat apa yang dapat dicapai oleh para insinyur dengan model generasi berikutnya.

Rekor putaran FWD di The Bends direncanakan untuk peluncuran Civic Type R Limited Edition di Australia tahun lalu, tetapi pembatasan COVID menunda upaya tersebut. Sekarang, pencapaian tersebut merupakan perpisahan yang sempurna untuk generasi FK8 dari Tipe R yang akan segera pensiun dengan banyak catatan. Sejak 2017, Type R telah memecahkan rekor FWD di Nürburgring Nordschleife, Hungaroring, Estoril, Silverstone, Spa-Francorchamps, MagnyCours, Bathurst, dan Suzuka.

New Civic Type R sendiri telah dipreview dalam bentuk prototipe yang disamarkan di Tokyo Auto Salon setelah serangkaian teaser dan diharapkan akan diluncurkan sepenuhnya akhir tahun ini. Dilihat dari fakta bahwa Honda sudah menguji model baru di Suzuka, tidak akan terkejut jika debutnya akan hadir dengan rekor lap baru, membuktikan lebih cepat dari pendahulunya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda civic type r limited edition,
#
honda civic