MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda CB750 Cafe Racer Ini Miliki Jarak Tempuh Sangat Rendah

MAR 10, 2021@09:00 WIB | 561 Views

Bagi builder sepeda motor custom yang condong ke motor yang lebih tua, tidak ada yang cukup memuaskan seperti menemukan donor yang bersih dan jarak tempuh rendah. Tapi menemukan motor dengan nol mil di atasnya? Itulah Holy Grail.

Cafe racer ini dirancang dari dua komponen: beat-up 1992 Honda CB750, dan mesin CB750 terpisah yang tidak pernah berfungsi. Ini adalah karya Holger Breuer, yang merancang motor part time sebagai HB-Custom dari bengkelnya di kota maritim Jerman, Husum.

Komisi datang dari pelanggan yang sudah memiliki satu kreasi HB-Custom di garasinya, dan menginginkan yang kedua. Ia juga menyuplai motor donor dan tambahan motor Honda — yang memiliki cerita luar biasa di baliknya. "Awalnya menggunakan mesin original sepeda motor baru," jelas Holger, "yang rusak parah selama pengangkutan dari Jepang ke Eropa."

“Rangkanya sudah siap untuk tumpukan besi tua, tapi mesin tidak mengalami kerusakan. Sejak itu, tidak pernah berjalan… sampai dua minggu lalu.”

Memasukkan mesin baru ke dalam sasis berarti Holger dapat fokus pada bagian motor lainnya — tetapi juga menghilangkan godaan untuk membuka casing. Sebaliknya, Ingo Wrubel dari Old School Superbikes dipanggil untuk menambah tenaga sebanyak mungkin.

Dengan kit karbo Mikuni RS 34 mm dan filter twin K&N, plus penyetelan yang cerdas, CB750 sekarang mencatatkan tenaga 78 PS yang kuat di roda belakang.

Sistem knalpot merupakan sistem four-into-one dari Cobra, tetapi Holger memodifikasi bagian tengah agar lebih tinggi dan lebih kencang.

Pindah ke sasis, Holger menukar bagian dalam garpu dengan suku cadang Wilbers, dan memasang sepasang shocks Öhlins baru di belakang. Roda dan rem adalah stok, tetapi telah ditingkatkan dengan satu set cakram Brembo yang baru.

Untuk bodywork, Holger menyatukan tangki bahan bakar OEM Honda dengan beberapa add-on yang pintar. Fairing depan sebenarnya dari BMW R nineT Racer; Holger menggunakan braket pemasangannya juga, tetapi mengubahnya untuk memasangnya ke leher kemudi Honda.

Lampu depan LED di dalam fairing adalah unit JVB-Moto.

Pemilik Honda menginginkan cafe racer, tetapi dia juga menginginkan kemampuan untuk ride two-up. Jadi Holger membuat kursi untuk dua orang, dengan tonjolan belakang aluminium buatan tangan yang dapat dilepas dengan mudah. Plat nomornya terletak lebih jauh ke bawah, pada braket yang dipasang di swing-arm yang juga menahan sepasang lampu belakang dan LED combo lampu sein.

Pandangan Holger pada CB750 tidak mempertahankan garis lurus klasik, tapi itu disengaja, dan juga memainkan estetika tangki bahan bakar aslinya. Jadi subframe benar-benar baru, dan sengaja dibuat bengkok. “Penting bagi saya untuk memiliki langkah kecil ini,” dia menjelaskan, “karena hanya memiliki subframe lurus terlihat terlalu membosankan.”

Sebagian besar kokpit juga baru, dengan satu set suku cadang Motogadget yang mencakup speedo digital, grip, sakelar, dan bar lampu sein. Clip-on berasal dari Gilles Tooling, throttle adalah bagian Domino, dan ada kontrol kaki LSL di bagian bawah.

Holger juga memasang rem hidrolik dan kontrol kopling dari Magura, bersama dengan konversi kopling hidrolik Magura Hymec.

Rancangan HB-Custom dikenal berkelas dan dinilai dengan selera tinggi, dan livery CB750 ini memberikan kesan yang indah, dengan paint code abu-abu dari katalog AMG Mercedes. Brandingnya juga rapi, dengan satu set 'wings' Honda di tangki, dan logo perusahaan perusahaan di ekornya.

Dan jika Anda melihat lebih dekat, Anda juga akan melihat bahwa kontrol emas di depan cocok dengan reservoir shock di belakang.

Berkat pandemi global, klien Holger harus menjalankan keyakinan yang sangat besar, karena lockdown mencegahnya mengunjungi bengkel selama perancangan. Nyatanya, dia bahkan tidak bisa mengambilnya ketika sudah selesai — layanan pengiriman sepeda motor profesional harus menanganinya.

Sekarang setelah ada di tangannya, kami yakin dia sudah siap untuk mulai bekerja beberapa mil — beberapa dekade setelah mesin meninggalkan pabrik. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
honda cb750,
#
cafe racer,
#
motor custom